PENGARUH WORD OF MOUTH DAN STRATEGI PROMOSI FREE SAMPLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK KECANTIKAN MEREK “POND’S” DALAM PERSPEKTIF ETIKA KONSUMSI ISLAM (Studi pada Konsumen Wanita Rentang Usia 18-21 Tahun)

INTAN, ANGELINA SUNARDI (2022) PENGARUH WORD OF MOUTH DAN STRATEGI PROMOSI FREE SAMPLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK KECANTIKAN MEREK “POND’S” DALAM PERSPEKTIF ETIKA KONSUMSI ISLAM (Studi pada Konsumen Wanita Rentang Usia 18-21 Tahun). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Oke Format Baru Intan Angelina Sunardi_1751040056_MBS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara tidak langsung akan mempengaruhi gaya hidup serta perilaku konsumsi seseorang yang terus berubah dan biasanya akan mendorong mereka untuk terus memenuhi segala kebutuhan hidupnya yang tak terbatas. Termasuk pula di dalamnya kebutuhan akan produk kecantikan ataupun perawatan tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pastinya setiap manusia akan melakukan keputusan pembelian terhadap suatu produk. Hal tersebut menunjukkan bahwa keputusan pembelian seorang konsumen merupakan faktor penting bagi kegiatan operasional perusahaan. Tanpa adanya konsumen yang membeli produk, maka kegiatan pemasaran perusahaan tidak akan berjalan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen adalah dengan melakukan promosi, baik itu melalui penerapan word of mouth dan promosi penjualan berupa free sample. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara word of mouth dan strategi promosi free sample terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk kecantikan merek “Pond’s,” secara parsial dan simultan, serta bagaimana jika ditinjau berdasarkan perspektif etika konsumsi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan unknown population. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik non probability sampling dengan metode convenience sampling. Data dikumpulkan dengan cara membagikan kuesioner tertutup kepada 96 responden yang sesuai dengan kriteria yang sudah peneliti tetapkan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yang diolah dengan program SPSS 20. Hasil uji t variabel word of mouth dan strategi promosi free sample menunjukkan bahwa kedua variabel X tersebut secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dimana nilai thitung kedua variabel > nilai ttabel yang telah ditetapkan, yaitu sebesar 4,645 > 1,985 untuk X1 dan 5,964 > 1,985 untuk X2 dengan nilai signifikan 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji F dalam penelitian ini menyatakan bahwa nilai Fhitung > Ftabel (88,965 > 3,09) dengan tingkat signifikan yang diperoleh adalah 0,000, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara word of mouth dan strategi promosi free sample dengan keputusan pembelian konsumen, baik itu jika diuji secara parsial ataupun simultan. Jika ditinjau berdasarkan perspektif etika konsumsi Islam, penerapan word of mouth yang tercipta di antara konsumen dan strategi promosi free sample yang diberikan oleh pihak Pond’s dapat dikatakan cukup sesuai dengan sifat serta prinsip Islam ketika melakukan berbagai aktivitas, termasuk di dalamnya aktivitas konsumsi. Sifat-sifat tersebut meliputi sifat shiddiq, amanah, dan tabligh. Kata Kunci: Word of Mouth, Free Sample, Keputusan Pembelian Konsumen, Pond’s.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:38
Last Modified: 04 Mar 2022 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18048

Actions (login required)

View Item View Item