ANALISIS HABITS OF MIND DENGAN VISUAL THINGKING DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMAN 2 TULANG BAWANG TENGAH

ANI, LISTIANINGSIH (2022) ANALISIS HABITS OF MIND DENGAN VISUAL THINGKING DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMAN 2 TULANG BAWANG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANI LISTIANINGSIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rendahnya pemahaman konsep matematis siswa dan kurangnya penerapan habits of mind dengan visual thinking dalam pembelajaran matematika di SMAN 2 Tulang Bawang Tengah, sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana Analisis Habits of Mind dengan Visual Thinking dalam pemahaman konsep matematis siswa di SMAN 2 Tulang Bawang Tengah. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Data diperoleh melalui instrument wawancara, angket, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan metode triangulasi data yaitu triangulasi teknik. Instrumen penelitian berupa angket, wawancara dan observasi diadopsi dari Costa dan Kallick yang terdiri dari 16 kategori HOM. Hasil penelitian menunjukkan profil hom dalam pemahaman matematika siswa dengan visual thinking masih tergolong kriteria cukup. Dengan penjabaran kriteria habits of mind yang dimiliki oleh siswa yaitu pada kriteria baik dengan interpretasi nilai dari 76%-85% dimiliki oleh 3 orang siswa, kategori cukup dengan interpretasi nilai 60%-75% dimiliki oleh 22 orang siswa, kategori kurang dengan interpretasi nilai dari 55% -59% dimiliki oleh 1 orang siswa dan kategori sangat kurang dengan interpretasi nilai kurang dari 54% dimiliki oleh 4 orang siswa. Dan secara keseluruhan indikator habits of mind rata-rata yang diperoleh yaitu 66,61% tergolong dalam kriteria cukup. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki habits of mind dan visual thinking yang baik lebih mudah memahami matematika, sedangkan siswa yang memiliki habits of mind dan visual thinking yang kurang baik lebih sulit memahami matematika. Kata Kunci : Habits Of Mind, Pemahaman Matematika, Visual Thinking

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:26
Last Modified: 04 Mar 2022 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18044

Actions (login required)

View Item View Item