ANALISIS PENGARUH INSIDER OWNERSHIP, DIVIDEND POLICY, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2017-2019)

FEBBY, KRISNA ADITYA (2022) ANALISIS PENGARUH INSIDER OWNERSHIP, DIVIDEND POLICY, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2017-2019). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemilik perusahaan, sebab dapat menunjukkan kemakmuran pemegang sahamnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh insider ownership, dividend policy, dan leverage secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh insider ownership, dividend policy, dan leverage secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan merupakan data sekunder. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 10 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji F, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial insider ownership ridak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dividend policy berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dan leverage ridak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan insider ownership, dividend policy, dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Dalam pandangan ekonomi Islam insider ownership (X1), dividend policy (X2), dan leverage (X3) terhadap nilai perusahaan (Y) diperbolehkan karena Islam pun memandang investasi atau jual beli saham adalah hal yang sangat penting sebagai langkah antisipasi terhadap kejadian di masa depan. Kata kunci: insider ownership, dividend policy, leverage, nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:25
Last Modified: 04 Mar 2022 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18043

Actions (login required)

View Item View Item