PENGARUH DESAIN PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO DAN SAMSUNG DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

DYAH, AYU AMALIA (2022) PENGARUH DESAIN PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO DAN SAMSUNG DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIYAH ANGGARENI SIAP CETAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi yang semakin modern seperti sekarang ini banyak sekali jenis smartphone salah satunya yaitu oppo dan samsung. Suatu perusahaan dituntut untuk memiliki kepekaaan terhadap setiap perubahan yang terjadi dan menempatkan orientasi kepada pelanggan. Desain dan kualitas produk merupakan salah satu faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memutuskan suatu pembelian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh desain dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone oppo dan samsung di Kota Bandar Lampung?, Bagaimana desain produk dan kualitas produk yang diterapkan smartphone Oppo dan Samsung dalam perspektif Ekonomi Islam?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone oppo dan samsung di Kota Bandar Lampung serta mendiskripsikannya dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan alat pengumpul data berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden yang berada di Kota Bandar Lampung. Adapun tekhnik dalam penelitian ini menggunakan tekhnik acidental sampling Dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden, masing-masing smartphone sebanyak 50 responden. Untuk mengetahui pengaruh desain dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian diberikan kuesioner pada masing-masing variabel. Hasil pengujian menunjukan bahwa desain dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji parsial (Uji T) pada variabel desain dan kualitas produk diperoleh nilai signifikan pada smartphone oppo maupun samsung, yang artinya pada variabel desain dan kualitas produk terdapat pengaruh yang sangat signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone oppo dan samsung di Kota Bandar Lampung. Kemudian pada persepsi masyarakat Kota Bandar Lampung menyatakan bahwa secara keseluruhan desain, kualitas produk dan keputusan pembelian yang diterapkan oleh perusahaan smartphone oppo dan samsung dalam perspektif ekonomi islam sudah cukup baik. Hal tersebut sesuai dengan konsep ekonomi islam. Berdasarkan analisis data maka peneliti memperoleh kesimpulan bahwa desain dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone oppo dan samsng di Kota Bandar Lampung serta secara keseluruhan baik desain, kualitas produk dan keputusan pembelian telah sesuai dengan konsep ekonomi islam Kata Kunci: Desain, kualitas Produk, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:22
Last Modified: 04 Mar 2022 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18039

Actions (login required)

View Item View Item