ANALISIS OBJEKTIVITAS METODE 360 DERAJAT SEBAGAI PENILAIAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN BERDASARKAN KOMPETENSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Karyawan BPRS Kotabumi KC Bandar Lampung)

SITI, FAUZIAH (2022) ANALISIS OBJEKTIVITAS METODE 360 DERAJAT SEBAGAI PENILAIAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN BERDASARKAN KOMPETENSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Karyawan BPRS Kotabumi KC Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP  SITI FAUZIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penilaian kinerja karyawan memiliki peran besar dalam menentukan sukses atau tidaknya suatu perusahaan. Untuk itu perusahaan harus memperhatikan pelaksaanaan penilaian kinerja ini sebagai bahan evaluasi untuk keberlangsungan operasinalnya. Penilaian kinerja yang objektif sangat dibutuhkan untuk mengetahui perilaku kerja dan kompetensi karyawan. Metode 360 derajat adalah penilaian yang melibatkan banyak pihak yaitu atasan, bawahan, rekan kerja, dan diri sendiri. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu, Bagaimana objektivitas metode 360 derajat sebagai penilaian kinerja karyawan BPRS Kotabumi KC Bandar Lampung? Bagaiman metode 360 derajat sebagai penilaian kinerja karyawan BPRS Kotabumi KC Bandar Lampung dalam perspektif Islam? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana objektivitas metode 360 derajat sebagai penilaian kinerja karyawan BPRS Kotabumi KC Bandar Lampung, Bagaiman metode 360 derajat sebagai penilaian kinerja karyawan BPRS Kotabumi KC Bandar Lampung dalam perspektif Islam. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kuisioner dan wawancara. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder dari hasil yang diperoleh secara langsung dilapangan, study kepustakaan, dan jurnal ilmiah serta info resmi yang dipulikasikan oleh perusahaan. Populasi dalam penelitian ini sekaligus dijadikan sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data (reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode 360 derajat sebagai penilaian terhadap kinerja karyawan menunjukkan hasil yang tidak objektif. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan karyawan BPRS Kotabumi KC Bandar Lampung tentang metode 360 derajat, adanya rasa segan sesama karyawan, dan penilai tidak transparan dalam memberikan penilaian kepada karyawan lain. Metode 360 derajat sebagai penilaian kinerja karyawan BPRS Kotabumi KC Bandar Lampung dalam perspektif Islam mengikuti konsep Allah dan Rasul senantiasa melihat dan menilai semua perbuatan manusia atau yang disebut kinerja manusia, dan sesama manusia pun juga saling melihat untuk bahan evaluasi kinerja manusia itu sendiri. Kata Kunci: Metode 360 Derajat dan Kinerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:21
Last Modified: 04 Mar 2022 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18037

Actions (login required)

View Item View Item