TINJAUAN PENGELUARAN PEMERINTAH DAERAH DALAM DISTRIBUSI ANGGARAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandar Lampung )

FEBRINA, SUGIMIN (2022) TINJAUAN PENGELUARAN PEMERINTAH DAERAH DALAM DISTRIBUSI ANGGARAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandar Lampung ). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FEBRIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengeluaran Pemerintah adalah pengelolaan keuangan daerah yang didalamnya terkandung pengeluaran daerah yang dicatat dan dikelola guna mensejahterakan masyarakat daerah tersebut. Pemerintahan daerah menjadi komponen penting dalam pelaksanakan Pengeluaran Pemerintah tersebut. Dimana pelaksanaan Pengeluaran Pemerintah diserahkan kepada pemerintahan daerah agar supaya pemerintah daerah lebih leluasa dalam memanfaatkan dan mengelola sumberdaya dan potensi di daerah sesuai dengan kebutuhan serta arah pembangunan daerahnya Guna tercapainya distribusi anggaran yang berkelanjutan serta kesejahteraan masyarakat daerah. Pelaksanaan Pengeluaran Pemerintah kota Bandar Lampung masih melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan dan menstabilkan pertumbuhan ekonomi di daerahnya untuk memenuhi pengeluaran operasional dan untuk menggerakkan pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan pelayanan publik. Sedangkan pelaksanaan anggaran dalam Islam menitik beratkan pada kepentingan ummat (masyarakat). Salah satunya mengatur pengeluaran dan penerimaan pemerintah untuk menjaga meningkatkan stabilitas ekonomi dan pertumbuhan masyarakat sehingga terpenuhi nya kebutuhan, terjaminnya kehidupan serta terdistribusikan pendapatan kepada masyarakat yang akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat tersebut. Peneliti bertujuan untuk mengetahui pengeluaran pemerintah daerah pada pertumbuhan ekonomi serta aplikasi pengeluaran pemerintah pada distribusi anggaran dalam perspektif ekonomi Islam. Adapun metode pengumpulan data yakni mengumpulkan data-data primer seperti melakukan wawancara dan data sekunder yang berasal dari laporan-laporan atau karya tulis yang kemudian diolah secara sistematis dan kategoris, juga menggunakan metode analisa metode berfikir deduktif. Dengan menggunakan metode-metode diatas diharapkan dapat memperjelas gambaran umum tentang pelaksanaan Pengeluaran Pemerintah di Kota Bandar Lampung. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa pelaksanaan Pengeluaran Pemerintah pada distribusi anggaran di Kota Bandar Lampung masih terdapat banyak kendala/masalah seperti kurang nya sosialisasi akan pajak dan retribusi, masih adanya tunggakan pajak, kurang optimalnya petugas pengelola adminitrasi dan dalam belanja daerah pemerintah kota masih terlalu fokus terhadap belanja pegawai sehingga anggaran untuk belanja yang lain masih terlalu kecil pembagiannya. Dalam Islam Anggaran haruslah berpusat pada kepentingan masyarakat umum seperti terpenuhi kebutuhan, jaminan sosial, distribusi kekayaan bagi masyarakat serta efesiensi dan efektifitas sebagai landasan pokok dalam kebijakan pengeluaran pemerintah dengan penentuan skala prioritas sehingga tidak terjadinya defisit terhadap angaran. Kata Kunci : Pengeluaran Pemerintah, Distribusi Anggaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:15
Last Modified: 04 Mar 2022 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18035

Actions (login required)

View Item View Item