PENGARUH INFLASI DAN NILAI TUKAR TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH (Studi Pada Perusahaan Property dan Real Estate Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia Periode tahun 2012-2018)

HAMDI, KURNIAWAN (2022) PENGARUH INFLASI DAN NILAI TUKAR TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH (Studi Pada Perusahaan Property dan Real Estate Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia Periode tahun 2012-2018). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi Hamdi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Investasi didunia pasar modal mempunyai risiko yang sangat besar, karena berhadapan langsung dengan ketidakpastian keadaan yang sangat rentan mempengaruhi iklim investasi dimana kondisi makro ekonomi sangat perlu diperhatikan dalam menginvestasikan sebuah dana pada perusahaan tertentu sehingga perlu kejelian investor untuk ketepatan dalam memilih saham perusahaan untuk mendapatkan return sebagai keuntungan dari aktivitas investasinya, olehkarena itu inflasi dan nilai tukar digunakan sebagai variable penelitian ini yang merupakan salah satu unsur pembentuk kondisi makro ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada pengaruh inflasi dan nilai tukar terhadap return saham syariah sektor property dan real estate yang terdaftar di ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia) periode tahun 2012-2018). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh saham syariah sektor property dan real estate yang terdaftar di ISSI kurun waktu 2012-2018. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh melalui laporan tahunan yang terpublikasi yang dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan Program E�Views. Hasil penelitian ini adalah: (1) inflasi dan nilai tukar secara parsial tidak ada pengaruh terhadap return saham syariah sektor property dan real estate yang terdaftar di ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia) periode tahun 2012-2018. (2) inflasi dan nilai tukar secara simultan menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh terhadap return saham syariah sektor property dan real estate yang terdaftar di ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia) periode tahun 2012-2018. (3) Inflasi nilai tukar dan return saham dalam perspektif ekonomi islam akan memberi dampak yang baik ketika memanfaatkan suatu barang tertentu untuk memenuhi setiap kebutuhan sesuai dengan kebutuhan atau porsinya dan tidak mengikuti hawa nafsunya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa inflasi dan nilai tukar tidak dapat dijadikan pertimbangan dalam penentuan pengambilan keputusan investasi saham dalam perspektif Islam periode tahun 2012-2018. Perspektif ekonomi Islam memandang bahwa dalam baik dari inevstasi dan makro ekonomi Ketika dijalankan dengan prinsip ekonomi Syariah maka dapat menguntungkan siapapun dan masyarakat akan tersejahterakan.. Kata Kunci : Inflasi, Nilai Tukar, Return Saham dan Regresi Berganda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:11
Last Modified: 04 Mar 2022 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18032

Actions (login required)

View Item View Item