APLIKASI PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK TERHADAP JUMLAH UANG BEREDAR (Studi Komparatif E-Wallet OVO dan Gopay Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung)

FILO, SOVIA (2022) APLIKASI PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK TERHADAP JUMLAH UANG BEREDAR (Studi Komparatif E-Wallet OVO dan Gopay Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Uang elektronik adalah alat pembayaran masa kini yang berbentuk elektronik yang nilai uangnya sesuai dengan nilai uang yang disetorkan kepada penerbit atau agen-agen penerbit yang kemudian nilai uang tersebut akan dimasukkan kedalam media elektronik berupa chips atau server. Uang elektronik berbentuk server berupa e-wallet atau dompet digital adalah akun yang berisikan sejumlah dana pada suatu aplikasi online sebagai pengganti pembayaran non tunai guna mempermudah konsumen dalam membayar. Adapun e-wallet yang sangat popular belakangan ini berupa OVO dan Gopay. Secara garis besar OVO dan Gopay merupakan metode pembayaran pengganti uang tunai yang merupakan suatu inovasi dibidang ilmu teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan pendekatan kualitataif. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan data primer. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket (kuisioner). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat penggunaan antara e-wallet Gopay dan OVO pada mahasiswa UIN Raden Intan Lampung; Volume dan transaksi Uang elektronik berhubungan positif terhadap jumlah uang yang beredar. Selain itu menurut islam penggunaan uang elektronik OVO dan Gopay sejatinya sama seperti uang biasa dan hukum menggunakannya adalah halal. Kata Kunci: Uang Elektronik, JUB, OVO dan Gopay

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:10
Last Modified: 04 Mar 2022 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18031

Actions (login required)

View Item View Item