Konsep pendidikan anak persepektif 'Abd Nashih 'ulwan

Mahmudah, Umi (2017) Konsep pendidikan anak persepektif 'Abd Nashih 'ulwan. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (453kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (101kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (115kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (68kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (33kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (31kB) | Preview

Abstract

Anak adalah amanah bagi orang tuanya, hatinya yang yang bersih ibarat mutiara menawan, ibarat kertas yang bersih dari noda,sehingga ia siap menerima setiap Iukisan apapun dan akan condong kepada apa saja yang biasa ia jumpai. Apabila sejak kecil seorang anak dibiasakan melakukan perbuatan yang baik, maka ia akan tumbuh menjadi pemuda yang baik pula.Orang tua pun akan bahagia dunia dan akhiratnya,bahkan juga setiap guru dan pendidiknya sebaliknya, jika ia dibiasakan berbuat yang jahat,dan di biarkan begitu saja seperti binatang, maka ia akan ceraka dan rusak.Orang tua yang diharapkan oleh anaknya sebagai teladan,ternyata belum mampu memperlihatkan sikap dan perilaku yang baik.Hilangnya keteladanan dari orang tua yang dirasakan anak memberikan peluang bagi anak untuk mencari pigur yang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan Anak prespektif ,Abd allah nasih 'ulwan,serta membahas lebih dalam tetang metode yang paling efektif yaitu keteladanan dan adat kebiasaan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis diskriptif-diskritif,yaitu penulis menggunakan pendekatan diskritif kepustakaan dengan berdasarkan tulisan yang mengarah pada pembahasan tesis ini.Kajian ini menggunakan sumber primer dan juga sumber skunder.Dalam penelitian ini,penulis menggunakan studi pustaka sebagai alat penggumpulan data,yaitu dengan mempelajarai dan menelaah secara mendalam kandungan karya dari 'Abd Allah Nasih 'Ulwan. Hasil penelitian ini adalah pendidikan yang harus diberika orang tua dan pendidik kepada anak sehingga membentuknya menjadi anak sholeh menurut 'Abd Allah Nasih 'Ulwan yaitu:pendidikan keimanan,akhlak,fisik,Rasio(akal),psikis(kejiwaan),sosial,dan seksual.Metode alternatif yang lebih efektif dengan menerapkan dasar-dasar pendidikan yang berpengaruh dalam mempersiapkan anak secara mental dan moral,saintikal,spiritual dan etos sosial,sehingga anak dapat mencapai kematangan yang sempurna,memiliki wawasan yang luas dan berkepribadian integral dalam mendidik anak yaitu pendidikan melalui keteladanan,adat kebiasaan,nasehat,memberikan perhatian,dan memberikan hukuman. 'Abd Allah Nasih 'ulwan,dalam bukunya 'tarbiyatun al-awlad fi al-islam' menegaskan,hanya ada satu cara agar anak menjadi permata hati dambaan setiap orang tua,yaitu melalui pendidikan yang bersumber dari nilai-nilai islam.Allah SWT memperkenalkan Nabi muhammad SAW sebagai teladan terbaik.Keteladanan Rasullullah sepatutnya orang tua dan para pendidik (guru) meneladaninya dalam segala aspek.Sehingga dengan keteladanan orang tua dan pendidik,anak akan meniru dan dengan senang hati berusaha membentuk dirinya seperti orang yang diteladaninya itu.Sebagaimana diketahui bahwa naluri "mencontoh"merupakan satu naluri yang kuat dan berakar dalam diri anak yang semakin menguat pula lewat adat kebiasaan yang tirapkan orang tua dan para pendidik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:40
Last Modified: 01 Nov 2017 02:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item View Item