ANALISIS PELAKSANAAN PEMBIAYAAN MURABAHAH AGRIBISNIS DALAM PEMBERDAYAAN PETANI MELALUI BNI SYARIAH (Studi Pada BNI Syariah KCPM Bandar Jaya Lampung Tengah)

METARIA, APRIYANI (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBIAYAAN MURABAHAH AGRIBISNIS DALAM PEMBERDAYAAN PETANI MELALUI BNI SYARIAH (Studi Pada BNI Syariah KCPM Bandar Jaya Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berangkat dari realitas bahwa kebanyakan masyarakat di Indonesia belum mengetahui tentang pembiayaan Murabahah Agribisnis melalui BNI Syariah dan Persoalan ini merupakan persoalan yang aktual dan banyak petani belum paham tentang pembiayaan Murabahah melalui BNI Syariah. Karena Sektor perbankan dengan sistem syariah merupakan sektor terpenting dalam pergerakan ekonomi. Begitu juga sektor pertanian dengan sistem agribisnis. Dalam menghadapi badai krisis ekonomi, ternyata keduanya mampu bertahan dan terbukti memiliki pertumbuhan positif. Berkaitan dengan uraian dari latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Bagaimana pelaksanaan akad pembiayaan Murabahah agribisnis pada BNI Syariah KCPM Bandar Jaya Lampung Tengah? dan Bagaimana dampak pembiayaan Murabahah agribisnis terhadap sektor pertanian di BNI Syariah KCPM Bandar Jaya Lampung Tengah?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, survey dan wawancara. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan adalah bank BNI Syariah KCPM Bandar Jaya Lampung Tengah. Metode analisis yang digunakan bersifat Induktif. Hasil dari penelitian ini yaitu, adanya tambahan akad wakalah dalam pelaksanaan pembiayaan murabahah pada pembiayaan pertanian yang diberikan oleh BNI Syariah KCPM Bandar Jaya Lampung Tengah. Hal ini disebabkan karena adanya ketidak mampuan pihak BNI Syariah KCPM Bandar Jaya Lampung Tengah untuk membelikan semua barang-barang kebutuhan para anggota petani, dan juga dikarenakan agar para anggota bisa leluasa memilih barang yang dibutuhkan dan mekanisme yang diberikan oleh BNI Syariah KCPM Bandar Jaya Lampung Tengah dalam mengajukan pembiayaan sudah sesuai dengan prinsip 5C. adanya pembiayaan murabahah pada modal tani yang diberikan oleh BNI Syariah KCPM Bandar Jaya Lampung Tengah berdampak positif pada peningkatan pendapatan nasabah BNI Syariah KCPM Bandar Jaya Lampung Tengah, karena dengan adanya tambahan modal yang diberikan pihak BNI Syariah KCPM Bandar Jaya Lampung Tengah berupa barang yang dibutuhkan nasabah BNI Syariah KCPM Bandar Jaya Lampung Tengah seperti bibit, pupuk, dan obat-obatan tanaman, dapat membantu nasabah BNI Syariah KCPM Bandar Jaya Lampung Tengah untuk menambah usaha tanamannya sehingga hasil panennyapun bertambah pula. Kata Kunci : Pembiayaan Murabahah, BNI Syariah KCPM Bandar Jaya Lampung Tengah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:07
Last Modified: 04 Mar 2022 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18028

Actions (login required)

View Item View Item