OPTIMALISASI GREEN BANKING SEBAGAI PRODUCTIVE FINANCING DALAM MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (STUDY PADA BNI SYARIAH, BRI SYARIAH, BANK MUAMALAT INDONESIA)

EKA, NOVALIA (2022) OPTIMALISASI GREEN BANKING SEBAGAI PRODUCTIVE FINANCING DALAM MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (STUDY PADA BNI SYARIAH, BRI SYARIAH, BANK MUAMALAT INDONESIA). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Eka Novalia .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh praktik operasional perbankan syariah dalam hal penyaluran pembiayaan,dimana bank harus mulai memperhatikan dampak lingkungan dari kegiatan operasionalnya. Dalam hal ini peran perbankan syariah dalam bentuk optimalisasi Green Banking diharapkan lebih berfokus pada pemberian pembiayaan pada usaha-usaha yang tidak mengakibatkan kerusakan lingkungan, mengarah ke bisnis yang berkelanjutan dan diterima masyarakat, tidak mengeksploitasi tenaga kerja dengan membayar upah rendah, tidak menggunakan tenaga kerja di bawah umur, tidak menghasilkan produk yang berbahaya, perusahaan yang terlibat dalam konservasi dan daur ulang, menjalankan etika dalam berusaha, tidak terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia, tidak terlibat dalam pornografi, perjudian, alkohol dan tembakau, serta tidak terlibat dalam persenjataan dan pembuatan senjata nuklir. Sebagai salah satu pemberi dana, bank syariah tidak saja hanya melihat pertimbangan ekonomisnya, tetapi juga keterpaduan dengan lingkungannya. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini ada 4, yakni: (1).Bagaimana implementasi green banking? (2).Bagaimana bentuk implementasi pembangunan berkelanjutan? (3).Bagaimana optimalisasi green banking sebagai productive financing dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan?(4).Bagaimana analisis pembangunan berkelanjutan menurut Perspektif Ekonomi Islam?. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai bentuk implementasi green banking dan pembangunan berkelanjutan, bagaimana optimalisasi green banking sebagai productive financing dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan serta analisis pembangunan berkelanjutan menurut Perspektif Ekonomi Islam.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana penulis menggunakan data sekunder,yang meliputi dokumentasi dan study kepustakaan, dengan sumber referensi dari Laporan keberlanjutan BNI Syariah, BRI Syariah, dan Bank Muamalat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: bank syariah sudah mengimplementasikan green banking pada kegiatan operasionalnya namun belum sepenuhnya pada penyaluran pembiayaan, bank syariah baru mengimplementasikan 10 tujuan pembangunan berkelanjutan dari 17 tujuan, bank syariah belum optimal mengimplementasikan green banking hanya pada nasabah yang memiliki sertifikat RSPO/ISPO namun bank akan terus berupaya untuk mengarahkan nasabah memiliki sertifikat RSPO/ISPO, menurut perspektif ekonomi islam, pembangunan berkelanjutan dirinci menjadi keberlanjutan ekonomi, keberlanjutan lingkungan, dan keberlanjutan sosial. Kata Kunci : Green Banking, Pembangunan Berkelanjutan, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:03
Last Modified: 04 Mar 2022 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18025

Actions (login required)

View Item View Item