ASEP, SAEPUDIN (2022) ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK PADA BANK SYARIAH (Studi Pada Bank Syari’ah Mandiri Cabang Unit II Tulang Bawang)”. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Saat ini perkembangan dibidang jasa, khususnya perbankan sedang pesat. Jasa merupakan kegiatan yang dapat diidentifikasikan secara tersendiri, yang pada hakekatnya bersifat tak teraba (intangible), yang merupakan pemenuhan, kebutuhan dan tidak harus terikat pada penjualan produk atau jasa lain. Dengan memanfaatkan produk yang ditawarkan, perbankan harus dapat merebut perhatian calon nasabah tidak hanya sekedar memperkenalkan, tetapi juga mengandung unsur persuasi. Salah satu kelembagaan yang menerapkan instrumen bagi hasil adalah bisnis dalam lembaga keuangan syari'ah. Bank Syari’ah Mandiri merupakan unit usaha yang bergerak berdasarkan prinsip syari'ah dan menyediakan berbagai produk antara lain Tabungan Mudharobah, Deposito Mudharabah. Dalam hal ini penelitian mengkhususkan penelitian mengenai produk tabungan. Bertolak dari pemikiran diatas, penulis berkeinginan untuk mengadakan penelitian antara hubungan dan sikap konsumen dengan karakteristik produk yang mempunyai hubungan paling dominan terhadap karakteristik nasabah dalam menabung di Bank Syari’ah Mandiri Cabang Unit II Tulang Bawang. Pembatasan ruang lingkup penelitian dilakukan untuk mempermudah pemecahan masalah yaitu bagaimana perilaku konsumen yang meliputi jenis kelamin, profesi, dan tingkat pendidikan akhir terhadap karakteristik produk tabungan yang terdiri dari bagi hasil, pelayanan, dan tangibles (fasilitas) di Bank Syari’ah Mandiri Unit 2 Tulang Bawang Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode kuesioner, metode interview, metode observasi, metode dokumentasi dan metode analisis data. Dari hasil analisis yang diperoleh menyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara karakteristik konsumen (jenis kelamin, profesi, pendidikan akhir) dengan karakteristik produk (bagi hasil, pelayanan dan tangibles atau bukti langsung) dalam menabung. Karakteristik produk baik berupa bagi hasil, pelayanan dan tangibles (bukti langsung) merupakan daya tarik tersendiri bagi konsumen atau nasabah. Bagi hasil yang cukup tinggi, pelayanan yang memuaskan dan fasilitas yang memadai akan selalu dicari oleh nasabah. Banyaknya produk tabungan saat ini akan memudahkan nasabah memilih tabungan yang nasabah inginkan. Kata Kunci : Karekteristik, Konsumen, Produk, Tabungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 04 Mar 2022 02:53 |
Last Modified: | 04 Mar 2022 02:53 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18019 |
Actions (login required)
View Item |