PENGARUH PENGALAMAN MAGANG DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA (STUDI KOMPARASI PADA MAHASISWA PRODI PERBANKAN SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG DAN IAIN METRO ANGKATAN 2016/2017)

GILANG, MUHAMAD FAHRI (2022) PENGARUH PENGALAMAN MAGANG DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA (STUDI KOMPARASI PADA MAHASISWA PRODI PERBANKAN SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG DAN IAIN METRO ANGKATAN 2016/2017). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of perpus pusat.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengalaman praktik magang dan motivasi kerja menjadi penting guna meningkatkan potensi diri mahasiswa serta melatih kesiapan kerja. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesiapan kerja dan motivasi kerja yang rendah. Pengalaman praktik magang dan motivasi kerja adalah suatu pengetahuan atau keterampilan yang diperoleh dari praktik kerja di dunia usaha atau industri selama jangka waktu tertentu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pengalaman praktik magang dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja mahasiswa Perbankan Syariah FEBI UIN Raden Intan Lampung dan IAIN Metro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengalaman praktik magang dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja mahasiswa Perbankan Syariah FEBI UIN Raden Intan Lampung dan IAIN Metro angkatan 2016 yang pernah melakukan magang di berbagai instansi perbankan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data salah satunya adalah kuisioner yang diberikan kepada mahasiswa prodi Perbankan Syariah UIN Raden Intan Lampung dan IAIN Metro yang pernah melaksanakan magang sebagai sampel dalam penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 73 responden..Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder serta data diolah menggunakan SPSS 25. Metode analisa yang digunakan antara lain uji asumsi klasik, analisis linier berganda, uji T, uji F dan uji koefisien determinasi (R2 ). Penelitian ini menggunakan indikator pengalaman praktik magang sebagai variabel bebas (X1) dan motivasi kerja sebagai variabel bebas (X2) serta kesiapan kerja sebagai variabel terikat (Y). Hasil penelitian dengan menggunakan uji F menunjukkan bahwa pengalaman praktik magang dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji t atau parsial yaitu pengalaman praktik magang berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sedangkan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja dengan nilai signifikan sebesar 0,022 < 0,05. Besaran pengaruh pengalaman praktik magang dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja mahasiswa Perbankan Syariah UIN Raden Intan Lampung dan IAIN Metro adalah 0,305 sama dengan 30,5%. Dalam perspektif Islam, motivasi kerja mahasiswa UIN Raden Intan Lampung dan IAIN Metro sudah sesuai dengan teori Muwafik Saleh dalam kategori niat baik dan benar (mengharap ridha Allah SWT) karena memiliki motivasi kerja dengan niat menafkahi keluarganya. Kata kunci: pengalaman praktik magang, motivasi, kesiapan kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:54
Last Modified: 04 Mar 2022 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18017

Actions (login required)

View Item View Item