PERILAKU MAHASISWA DALAM BERMASYARAKAT PADA FALSAFAH SUKU JAWA (Studi Perilaku Sosial Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung)

GALANG, NOVIARGO ADYAN (2022) PERILAKU MAHASISWA DALAM BERMASYARAKAT PADA FALSAFAH SUKU JAWA (Studi Perilaku Sosial Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1,BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku sosial adalah tanggapan atau reaksi individu terhadap rangsangan atau lingkungan sekitar, di dalam bermasyarakat perilaku ini sangat mudah untuk dirasakan baik itu tingkat berfikir maupun kebiasaan yang lumrah di dalam bermasyarakat yang mana perilaku ini merujuk pada suatu yang dapat dipahami dalam berperilaku sosial pada falsafah suku Jawa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku sosial mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung dalam bermasayarakat pada falsafah suku Jawa Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian field research atau lapangan yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Adapun sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa yang terdaftar di UIN Raden Intan Lampung Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Angkatan 2017 jumblah 255, teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu berdasarkan ciri-ciri tertentu berdasarkan dari kriteria sampel, maka dapat penulis ambil sampel dengan jumlah 7 orang. Adapun dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan alat pengumpul data yaitu metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa perilaku sosial mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung dalam bermasayarakat pada falsafah suku Jawa berdasarkan pembentukkan perilaku sosial mahasiswa terbentuk dalam proses adanya perilaku dan karakteristik orang lain dimana orang tua menjadi utama dalam pembentukan perilaku dan karakteristik tersebut, adanya proses kognitif, faktor lingkungan dan tatar budaya dimana tatar budaya ini lebih iii dominan terjadi pembentukan karakter dan perilaku mereka dalam bermasyarakat di lingkungan kampus karena falsafah dalam suku Jawa yang menjadi pandangan hidup mereka dalam melakukan segala aktifitas Kata kunci: Perilaku sosial mahasiswa, bermasyarakat, falsafah suku Jawa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:52
Last Modified: 04 Mar 2022 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18016

Actions (login required)

View Item View Item