ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM PADA PERUSAHAAN DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2016-2019

YARRIE, ZULYAHARSUMA RIZAL (2022) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM PADA PERUSAHAAN DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2016-2019. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Yarrie Zulyaharsuma Rizal 1651020398-dikonversi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Underpricing adalah suatu kondisi dimana harga penutupan saham di pasar perdana lebih rendah dibandingkan dengan harga saham yang dijual di pasar sekunder dengan saham yang sama. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah pengaruh reputasi underwriter, umur perusahaan dan ukuran perusahaan, terhadap tingkat Underpricing saham pada perusahaan dalam Daftar Efek Syariah di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2019 secara simultan dan parsial. Tujuan penelitian ini adapun untuk mengetahui pengaruh reputasi underwriter, umur perusahaan dan ukuran perusahaanterhadap tingkat Underpricing saham secara simultan dan parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia dan terdapat dalam Daftar Efek Syariah periode penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan ditemukan 42 sampel dari populasi sebanyak 78 perusahaan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara simultanreputasi underwriter, umur perusahaan dan ukuran perusahaan bersama�sama berpengaruh terhadap tingkat Underpricing saham, sedangkan secara parsial reputasi underwriter, umur perusahaan dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat Underpricing saham. Kata kunci: Reputasi Underwriter, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:44
Last Modified: 04 Mar 2022 02:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18010

Actions (login required)

View Item View Item