EFEKTIFITAS PENGELOLAAN PERMODALAN USAHA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada BUMDes Desa Way Areng Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur pada Tahun 2017-2019)

FERDIANA, AYU LESTARI (2022) EFEKTIFITAS PENGELOLAAN PERMODALAN USAHA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada BUMDes Desa Way Areng Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur pada Tahun 2017-2019). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Ferdiana Ayu Lestari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Di era reformasi saat ini kewenangan otonomi lebih diperhatikan kepada tingkat terendah dalam struktur pemerintahan yaitu desa. Pengesahan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 mengamanatkan sebesar 10% dana dari pemerintah pusat disalurkan ke seluruh desa yang menjadi peluang desa untuk mengembangkan desa yang mandiri. Sebagai wadah dalam mengelola kekayaan desa dan memaksimalkan pembangunan maka dibentuklah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) BUMDes merupakan badan usaha yang dibentuk dengan tujuan salah satunya adalah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa. Berdasarkan hal tersebut mendorong penulis untuk merumuskan permasalahan bagaimana efektivitas pengelolaan permodalan usaha BUMDes dalam meningkatkan pendapatan asli desa berdasarkan perspektif ekonomi Islam. Adapun tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui efektivitas pengelolaan permodalan usaha BUMDes dalam meningkatkan pendapatan asli desa studi kasus pada BUMDes Desa Way Areng Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Reseach) yang bertempat di Desa Way Areng Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini bersifat deskriptif dan metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan partisipan kepala desa, ketua BUMDes, Sekretaris dan pengurus BUMDes lainnya. Sedangkan teknik analisis melalui reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa BUMDes Maju bersama dari tahun 2017 hingga 2019 telah mampu berkontribusi rata-rata 60% selama 3 tahun, hal ini dinilai BUMDes tidak efektif dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa walaupun unit usaha yang dijalankan pun telah mampu mencapai sasaran BUMDes yaitu masyarakat Desa Way Areng. Berdasarkan ekonomi Islam dapat dilihat bahwa dalam mengelola permodalan usahanya BUMDes telah sejalan dengan tujuan ekonomi islam dan prinsip-prinsip ekonomi Islam serta mampu menerapkan akad mudharabah dan ijarah.. Akan tetapi Pendapatan Asli Desa belum mampu menjadi sarana Redistribusi di Desa Way Areng Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur. Kata kunci : Efektivitas, BUMDes, Pendapatan Asli Desa, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:34
Last Modified: 04 Mar 2022 02:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18000

Actions (login required)

View Item View Item