ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BUSANA MUSLIM NIBRAS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2016)

ROMI, WAHYUDI (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BUSANA MUSLIM NIBRAS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2016). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ROMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi konsumsi yang berlebihan dan pertumbuhan penduduk yang pesat merupakan hal yang menjadi masalah di Indonesia saat ini. Jumlah penduduk akan mempengaruhi jumlah konsumsi, begitupun akibat perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia sudah bergeser tidak lagi untuk memenuhi kebutuhan tetapi didasarkan pada motivasi untuk mendapatkan pengetahuan baru tentang perkembangan trend baru dan model baru, sosialisasi serta untuk mendapatkan barang yang baik dan bernilai bagi masyarakat. Akhirnya masyarakat akan terdorong merubah gaya hidup, konsumsi, perilaku sosial serta keinginan untuk membeli produk baru yang uptodate. Konsumen tidak saja melihat produk dari satu perusahaan, tetapi juga dari berbagai perusahaan pesaing lainnya yang menjual produk sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian produk busana muslim nibras. Menurut kotler ada beberapa yang memengaruhi yaitu faktor eksternal yaitu budaya dan sosial dan faktor internal yaitu psikologi dan pribadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner yang diambil secara Simple Random Sampling kepada para konsumen busana muslim nibras mahasiswa angkatan 2016 jurusan ekonomi Syariah. Responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 76 orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji signifikansi parametrik individual (Uji T). Dengan Variabel budaya (X1) Sosial (X2) Pribadi (X3) Psikologi (X4) dan Variabel Keputusan pembelian (Y). Hasil penelitian uji signifikan parametik individual (uji t) faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian ialah faktor psikologi dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu (0,007< 0,05). Sedangkan hasil uji t pada variabel lain yaitu variabel budaya, sosial dan pribadi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikasi lebih besar dari 0,05 yaitu 0,329, 0,685 dan 0,79 Sehingga dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Dan secara simultan dari hasil uji signifikansi (uji f) pada variabel budaya, sosial, pribadi dan psikologi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk busana muslim nibras secara bersama-sama. Untuk nilai signifikansinya sendiri memiliki nilai yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologi memengaruhi keputusan pembelian sebesar 0,410 atau 41% dan 59% dipengaruhui oleh variabel lain di luar penelitian. Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:34
Last Modified: 04 Mar 2022 02:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17998

Actions (login required)

View Item View Item