ANALISIS PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PELAYANAN PENJUALAN DAN KEBERHASILAN USAHA BISNIS (Studi Pada Konter Hp Excel Cell, Kecamatan Bungamayang, Lampung Utara)

TYA, TRIANA (2022) ANALISIS PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PELAYANAN PENJUALAN DAN KEBERHASILAN USAHA BISNIS (Studi Pada Konter Hp Excel Cell, Kecamatan Bungamayang, Lampung Utara). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bisnis adalah bagian yang selalu melekat dan tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Kegiatan memenuhi kebutuhan hidup adalah kewajiban bagi seluruh umat manusia dan umat muslim serta harus selalu berada di jalan yang lurus. Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam harus mampu dilaksanakan dalam pelayanan terhadap penjualan dan keberhasilan suatu usaha yang di jalankan. Penelitian skripsi ini di latar belakangi karena masih rendahnya penerapan Etika Bisnis Islam dalam usaha bisnis. Setiap pelaku usaha harus bisa menerapkan etika bisnis dengan baik, baik beretika dengan sesama pesaing, pelanggan maupun dengan masyarakat. Dengan menerapkan etika bisnis dengan benar dan tidak menyimpang maka kegiatan bisnis akan berjalan dengan lancar dan baik serta tidak ada yang merasa dirugikan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data di peroleh dengan wawancara dengan owner,karyawan dan melakukan angket untuk 35 pelanggan yang sudah melakukan pembelian sebanyak lebih dari 6 kali, sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana impelementasi prinsip etika bisnis Islam dalam pelayanan penjualan di konter hp Excel cell Bungamayang? 2. Dan Bagaimana implementasi prinsip etika bisnis Islam dalam kebehasilan usaha binsis di konter hp Excel cell Bungamayang?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui implementasi prinsip etika bisnis Islam terhadap pelayanan penjualan di konter excel cell Bungamayang, 2. Untuk mengetahui implementasi prinsip etika bisnis Islam terhadap keberhasilan usaha bisnis di konter excel cell Bungamayang. Berdasarkan hasil penelitian skripsi adalah konter HP Excel Cell sudah menerapkan prinsip etika bisnis Islam dalam pelayanan penjualan. Namun konter HP Excel Cell Bungamayang belum sepenuhnya menerapkan dasar-dasar pelayanan. Meskipun karyawan konter HP Excel Cell Bungamayang belum sepenuhnya menerapkan dasar-dasar pelayanan berdasarkan kemapuan dan tindakan yang baik, namun dalam menerapkan dasar-dasar pelayanan berdasarkan sikap, perhatian, dan tanggung jawab, konter Hp Excel Cell Bungamayang sudah menerapkan sesuai dengn dasar-dasar pelayanan tersebut. Penerapan prinsip Etika Bisnis Islam konter HP Excel Cell Bungamayang sudah diterapkan dengan baik terhadap kemajuan bisnis, dapat dilihat dari tinjauan prinsip tauhid, keadilan, kehendak bebas, kejujuran dan tanggung jawab. Namun berdasarkan indikator keberhasilan usaha bisnis pada pendapatan dan volume penjualan belum sepenuhnya berjalan dengan baik karena volume penjualan dan pendapatan tidak selalu meningkat. Kata kunci : Prinsip Etika Bisnis Islam, Pelayanan Penjualan, Keberhasilan bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:27
Last Modified: 04 Mar 2022 02:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17995

Actions (login required)

View Item View Item