Peran guru Pai dalam membentuk karakter peserta didik di Sma Global Madani Bandar Lampung

Ardila, Ida (2017) Peran guru Pai dalam membentuk karakter peserta didik di Sma Global Madani Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (117kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu proses panjang dan berkelanjutan yang bertujuan untuk mentransformasikan peserta didik menjadi manusia yang sesuai dengan tujuan penciptaannya, yaitu untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi dirinya, orang lain, bagi alam semesta, beserta segenap isi dan peradabannya. Penekanan terhadap pendidikan karakter pada anak didik maupun kepada para pendidik (guru) sangatlah diutamakan. Guru adalah orang dewasa yang secara sadar mengambil posisi memberikan pelajaran dan pendidikan kepada siswa. Dalam hal ini guru dituntut tidak hanya sekedar proses transfer ilmu pengetahuan, akan tetapi juga transfer kepribadian (personality), karena keberhasilan pendidikan sebagian besar bergantung pada kualitas guru baik segi penguasaan terhadap materi pelajaran yang akan diajarkan maupun cara penyampaian pelajaran tersebut serta kepribadian yang baik, yaitu kepribadian yang terpadu antara ucapan dengan perbuatan secara harmonis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI di SMA Global madani dalam membentuk karakter siswa serta mengetahui implementasi peran tersebut dalam membntuk karakter siswa SMA Global Madani Bandar Lampung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang dilakukan di SMA Global Madani Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan data dilapangan bahwa guru pendidikan agama Islam telah menjalankan perannya dalam pembentukan karakter siswa, dan hasil yang diharapkan sudah sebagian besar telah tercapai, baik itu peran sebagai pemimpin, pengajar, pendidik, teladan, motivator dan evaluator. Hal ini bisa terjadi, karena di dukung juga dengan sitem dan SOP yang baik dari sekolah, serta controlling dan kerjasama yang baik dari pihak yayasan kepada pimpinan dan pimpinan kepada guru, sehingga pembentukan karakter siswa dapat dengan mudah tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dalam pembentukan karakter siswa, guru mempunyai peran yang sangat penting dalam mengajar, mendidik serta memberikan teladan, oleh karena itu kerjasama yang baik antara sekolah, pimpinan, serta orang tua akan sangat membantu guru PAI dalam membentuk karakter siswa sesuai dengan hasil yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 01 Nov 2017 01:15
Last Modified: 01 Nov 2017 01:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1799

Actions (login required)

View Item View Item