STRATEGI DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus)

MARLENA, ANGGRAINI (2022) STRATEGI DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1&2.pdf] PDF
Download (740kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena kemiskinan di Indonesia merupakan masalah penting yang melanda negara ini baik di tingkat pusat maupun di daerah. Badan Pusat Statistik mencatat jumlah penduduk miskin di Indonesia tahun 2018 mencapai 9,66% dari total penduduk Indonesia. Dengan adanya program pemerintah yaitu kelompok usaha bersama (KUBE) merupakan salah satu pendekatan program kesejahteraan sosial untuk mempercepat penghapusan kemiskinan. Melalui KUBE masyarakat miskin mendapatkan fasilitas untuk digunakan dalam usaha bukan bantuan yang digunakan sekali habis, dengan kata lain KUBE merupakan program investasi jangka panjang. Melalui KUBE masyarakat miskin yang sangat lemah dan rentan dapat saling bahu membahu dalam meningkatkan dan mengembangkan usahanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi kebijakan Pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat menurut perspektif ekonomi islam. Tujuan penulisan skripsi ini untuk menemukan dan meriview bagaimana strategi dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan untuk menemukan dan mengetahui bagaimana strategi dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat menurut perspektif ekonomi Islam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan penelitian secara kualitatif. Dilihat dari jenisnya (menurut tempat dilaksanakannya penelitian), penelitian ini termasuk penelitian lapangan atau Field research yaitu penelitian dalam kanca kehidupan yang sebenarnya. Penelitian field research dikerjakan dengan menggali data yang bersumber dari lokasi atau lapangan penelitian berkenaan dengan Strategi dan Kebijakan Pemerintah Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus). Untuk mengumpulkan informasi yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan data dari data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini adalah bahwa program KUBE yang diadakan Pemerintah Tanggamus khususnya untuk Kecamatan Kelumbayan sudah dijalankan dengan baik sesuai dengan ketentun, tetapi dalam pelaksanaannya masih banyak masyarakat yang kurang berpartisipasi dalam kegiatan padahalnya program tersebut dari, oleh, dan untuk masyarakat. Pelaksanaan Program KUBE di Kecamatan kelumbayan, dilihat dari nilai-nilai dasar ekonomi Islam sudah sesuai dengan ajaran Islam karena sudah terpenuhinya keadilan seperti pemilihan anggota kelompok KUBE rata-rata termasuk kriteria fakir miskin dan berpenghasilan rendah. Program KUBE ini memiliki pengaruh yang positif dalam mensejahterakan masyarakat terbukti dengan adanya tambahan modal untuk usaha serta mengajak masyarakat untuk keluar dari garis kemiskinan dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa yang lebih maju.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:53
Last Modified: 02 Mar 2022 07:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17988

Actions (login required)

View Item View Item