ANALISIS KOMPARATIF STOCK SPLIT TERHADAP ABNORMAL RETURN, HARGA SAHAM DAN RISIKO SISTEMATIS (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2015 - 2019)

INDRIE, FITRIA WIJAYANTI (2022) ANALISIS KOMPARATIF STOCK SPLIT TERHADAP ABNORMAL RETURN, HARGA SAHAM DAN RISIKO SISTEMATIS (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2015 - 2019). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT INDRIE FITRIA WIJAYANTI.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP INDRIE FITRIA WIJAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pasar modal syariah tumbuh menggembirakan seiring dengan upaya OJK dalam melakukan strategi perluasan akses dan basis investor untuk meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal syariah yang masih rendah. Saham (stock) memang populer di kalangan investor karena saham menjanjikan memberikan return yang cukup menarik yang tentunya diimbangi dengan tingkat risiko. Namun kondisi Pasar modal di Indonesia tidak memiliki batas maksimal harga saham suatu saat akan membuka peluang terhadap harga saham suatu perusahaan untuk meningkat tanpa batasan dan mencapai harga yang relatif tinggi dalam pasar (over value). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan abnormal return, harga saham dan risiko sistematis sebelum dan sesudah melakukan stock split pada perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index periode 2015 - 2019. Penelitian ini adalah penelitian event study. Event study digunakan untuk menguji kandungan informasi dari suatu pengumuman. Pada penelitian ini dilakukan pengamatan terhadap rata-rata abnormal return, harga saham dan risiko sistematis (Beta) saham selama 7 hari sebelum dan sesudah peristiwa stock split. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari JII, IDX, yahoo.finance, dunia.investasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah harga saham penutupan (closing price), IHSG harian, actual return, return pasar yang kemudian berlanjut pada perhitungan abnormal return dan beta saham. Populasi dalam penelitian ini ada perusahaan yang terdaftar di JII dan sampel pada penelitian ini adalah 5 perusahaan yang merupakan perusahaan yang telah melakukan stock split selama periode 2015 sampai 2019 pada index JII. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada Abnormal return sebelum dan sesudah peristiwa stock split. Sedangkan pada variabel harga saham dan risiko sistematis tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah peristiwa stock split. Kata Kunci: Stock Split, Abnornal Return, Harga Saham, Risiko Sistematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:50
Last Modified: 02 Mar 2022 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17985

Actions (login required)

View Item View Item