ANALISIS PENERAPAN AKAD RAHN GADAI DAN PENGENAAN BIAYA ADMINISTRASI RAHN DI PEGADAIAN SYARIAH (Studi Kasus Pegadaian Syariah Urip Persero Raden Intan Lampung)

DARA, ELIZA (2022) ANALISIS PENERAPAN AKAD RAHN GADAI DAN PENGENAAN BIAYA ADMINISTRASI RAHN DI PEGADAIAN SYARIAH (Studi Kasus Pegadaian Syariah Urip Persero Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1,5, DAPUS  DARA ELZA.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DARA ELZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Gadai merupakan bentuk perjanjian tambahan yang berupa jaminan pokok yakitu hutang piutang dengan jaminan, jaminan bertujuan untuk memperoleh kepercayaan dan kereditur deditur menggadaikan barangnya sebagai jaminandari hutang piutang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan akad rahn sebagai akad utama dikantor cabang pegadaian syariah urip persero bandar lampung pemekasan telah sesuai dengan perinsip syariah?, bagaimana pengenaan biaya administrasi pada akad rahn yang ditentukan berdasarkan golongan pinjaman dikantor cabang pegadaian syariah urip persero bandar lampung pemekasan dapat ditegakan sebagai riba?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan . Data diperoleh dari lokasi yang berada di Pegadaian syariah urip persero raden intan bandar lampung. Mekanisme pembiyaan Pengenaan jumlah harga jual, pengertian, nilai impor, nilai ekspor, atau nilai lain yang dipakai sebagai dasar untuk menghitung pajak yang terutang pembiyaan berkaitan dengan aktivitas bisnis biaya adalah aktivitas yang mengarah pada peningkatan nilai tambah melalui peroses penyerahan jasa, perdagangan atau pengelolaan barang (produksi) pelaku bisnis dalam melakukan bisnisnya sebagai membutuhkan bisnisnya sumber modal. Jika pelaku tidak memiliki secara cukup, maka iya akan berhubungan dengan pihak lain,seperti bank, untuk mendapatkan suntikan dan, dengan melakukan pembiyaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:48
Last Modified: 02 Mar 2022 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17984

Actions (login required)

View Item View Item