PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung

AKTA, RISTAMA (2022) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI AKTA RISTAMA.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Prodi Ekonomi syariah angkatan 2018). Status Sosial merupakan suatu tingkatan atau kedudukan seseorang di dalam masyarakat yang dilihat dari tingkat pendidikan, tingkat pekerjaan, tingkat penghasilan dan kekayaan serta pengeluarannya. Menurut Kotler gaya hidup adalah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat, opininya. Mahasiswa merupakan remaja yang lebih mudah terpengaruh pola hidup konsumtif atau pola hidup konsumsi yang berlebihan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah. untuk menjawab permasalahan tentang 1) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah UIN Raden Intan Lampung. 2) Bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap Status Sosial Ekonomi dan Perilaku Konsumtif. UIN Raden Intan Lampung sendiri secara geografis berada tidak jauh dari pusat perkotaan yang memungkinkan mahasiswanya untuk memiliki kemudahan dalam hal berbelanja karena banyaknya pusat perbelanjaan yang dekat dengan kampus seperti Trans Mart, Mall Boemi Kedaton, Mall Kartini dan lain sebagainya merupakan tempat yang sering dikunjungi mahasiswa UIN Raden Intan Lampung untuk sedikit menyegarkan kejenuhan fikiran mereka. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Sampel sebanyak 76 Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Lampung yang diambil secara simple random sampling. Metode analisis data dengan metode Analisis Regresi Linier Sederhana, Uji Koefisien Pearson Korelasi pengujian. Dikarenakan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 maka Terdapat pengaruh antara status sosial ekonomi orangtua (X) terhadapa Perilaku konsumtif(Y). Sedangkan nilai pearson correlations 0,891 = korelasi sangat kuat Kesimpulan dari penelitian ini menggambarkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dengan perilaku konsumtif mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2018 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung. Artinya semakin tinggi tingkat status sosial ekonomi orang tua maka semakin tinggi perilaku konsumtif mahasiswa. Kata Kunci : Status Sosial, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:45
Last Modified: 02 Mar 2022 07:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17980

Actions (login required)

View Item View Item