PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN PEMBIAYAAN BERMASALAH TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN PEMBIAYAAN BAGI HASIL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada PT. Bank Syariah Mandiri Tahun 2013-2020)

ALI, MUHAMMAD (2022) PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN PEMBIAYAAN BERMASALAH TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN PEMBIAYAAN BAGI HASIL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada PT. Bank Syariah Mandiri Tahun 2013-2020). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB1 , BAB 5 DAPUS    ALI MUHAMMAD.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI  ALI MUHAMMAD.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah tingkat pembiayaan bagi hasil yang berkaitan erat dengan Dana Pihak Ketiga dan Pembiayaan Bermasalah. Semakin banyak Dana Pihak Ketiga maka bagi hasil semakin banyak, hal ini menunjukkan keuntungan yang semakin bertambah. Tetapi jika pembiayaan bermasalah semakin bertambah maka tingkat bagi hasil akan menurun dan tentunya keuntungan semakin menurun.Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi naik turun nya profitabilitas seperti DPK,NPF,dan Pembiayaan Bagi Hasil. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh DPK terhadap Profitabilitas pada PT. Bank Syariah Mandiri? (2) Bagaimana Pengaruh NPF terhadap profitabilitas? (3) Bagaimana Pengaruh DPK terhadap PBH? (4) Bagaimana Pengaruh NPF terhadap PBH? (5) Bagaimana Pengaruh PBH terhadap Profitabilits (ROA)?. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari DPK dan NPF terhadap ROA, pengaruh DPK dan NPF terhadap PBH, serta pengaruh PBH terhadap ROA. Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif, dengan 31 data dari laporan triwulan Bank Syariah Mandiri tahun 2013-2020. Data diperoleh dari website resmi bank Syariah Mandiri periode yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan metode analisa statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analyze path. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Dana Pihak Ketiga berpengaruh positif terhadap ROA dengan nila t hitung 2,974 dan nila signifikasi 0,006, NPF berpengerahuh negatif terhadap ROA hal ini di tunjukkan dengan nilai signifikasi 0,001 dan t hitung 5,042, untuk Dana Pihak Ketiga terhadap Pembiayaan Bagi Hasil berpengaruh positif dengan nilai t thitung 4,938 dan nilai signifikasi 0,000, dan NPF berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Pembiayaan bagi hasil hal ini terlihat dari nilai t hitung 1,534 dan nilai signifikasi 0,230, serta Pembiayaan bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA terlihat dari nilai t hitung 3,037 dan nilai signifikasi 0,005 Kata Kunci : Dana Pihak Ketiga, Non Performing Financing, Return On Asset, Pembiayaan Bagi Hasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:44
Last Modified: 02 Mar 2022 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17979

Actions (login required)

View Item View Item