INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 2 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

M., ALI SAIFUDIN (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 2 KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI M. ALI SAIFUDIN_1611010390.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah celotehan biasa tetapi berdampak besar untuk mental anak bila dilakukan secara terus menerus.Guru pendidikan agama Islam mempunyai peran penting dalam penanaman pendidikan multikultural. Karena pada ajaran Islam, Islam mengajarkan tasamuh (toleransi) dengan penanaman yang baik dan benar permasalahan dari multikultural tidak akan terjadi. Guru harus menempatkan diri menjadi fasilitator harus mampu menjembatani dan menghubungkan suasana plural kedalam satu wadah yang mengordinir setiap kepentingan siswanya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah :(1).Apa sajanilai-nilai multicultural melaluipembelajaranPendidikan Agama Islam? (2). Bagaimana proses transformasinilai-nilai multicultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam? (3). Bagaimana trans�internalisasinilai-nilai multicultural melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam?. Tujuanpenelitianini meliputi : (1). Untuk mengetahui apa saja nilai-nilai multicultural yang di internalisasikan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (2). Untuk mengtahui bagaimana proses transformasi nilai-nilai multicultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.(3). Untuk mengetahui bagaimana trans - internalisasinilai-nilai multicultural melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam?.Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah selanjutnya adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan diketahui bahwa internalisasi nili-nilai multicultural melalui Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Kalianda proses transformasi nilai-nilai multicultural melalui Pendidikan Agama Islam diberikan lewat pembiasaan dan keteladanan yang diterapkan dalam lingkungan sekolah. Diberikan pembiasaan dan keteladanan agar peserta didik memiliki jiwa sosial yang tinggi, memiliki sikap toleransi, saling menghargai, dan peka terhadap lingkungan sekitar menegnai suatu perbedaan-perbedaan yang terjadi. ii Di SMA Negeri 2 Kalianda sudah dikatakan baik dalam menenamkan nilai-nilai multicultural berupa nilai toleransi, nilai demokrasi dan juga nilai keadilan social secara umum namun jika di kaitkan dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam maka nilai yang ditinternalisasikan adalah nilai aqidah, ibadah dan juga nilai akhlak. Dalam proses transformasi nilai dimana guru selalu menanamkan nilai-nilai islami yang berkaitan tentang multicultural. Dalam proses trans-internalisasinilai-nilai multicultural melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam kepada peserta didik dimana semua guru memberikan keteladan yang baik dan juga memberikan pembiasaan�pembiasaan yang baik mengenai pendidikan multicultural. Kata kunci: Internalisasi, nilai multicultural, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:43
Last Modified: 02 Mar 2022 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17978

Actions (login required)

View Item View Item