ANALISIS PENERAPAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (Studi Pada BMT Fajar Metro Pusat)

INDRA, NUR ALIM (2022) ANALISIS PENERAPAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (Studi Pada BMT Fajar Metro Pusat). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER - BAB I - II - DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI INDRA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perbankan syariah di indonesia sedang mengalami perkembangan didunia perbankan secara pesat, namun lembaga keuangan yang ada pada dasarnya hanya memperhatikan kalangan tertentu dengan proyek-proyek besarnya sehingga masyarakat menghadapi berbagai kendala untuk mengakses permodalan, maka seringnya muncul kesadaran untuk menolong diri sendiri (self help) dan meningkatnya tekad menciptakan sistem ekonomi yang lebih adil, bersih dan sesuai syariah, maka pada awal dekade sembilan puluh muncul lembaga-lembaga keuangan syariah yang mengutamakan pelayanan kepada masyarakat kecil yaitu Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) salah satu lembaga yang di pandang dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi usaha mikro diatas adalah koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPPS) BMT Fajar Metro Pusat Lampung melalui pinjaman produk mudharabah. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembiayaan mudharabah serta bagaimana perkembangan UMKM setelah mendapatkan pembiayaan mudharabah di (KSPPS) BMT Fajar Metro Pusat Lampung. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui serta menganalisis penerapan pembiayaan mudharabah dan perkembangan UMKM setelah mendapatkan pembiayaan mudharabah. karena lembaga ini merupakan lembaga perekonomian umat yang berorientasi membantu usaha mikro dalam mengembangkan usahannya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang kemudian akan dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan metode deskriptif yaitu menggambarkan dan menganalisis permasalahan yang dikemukakan. Penelitian kualitatif didasarkan pada data primer dan data sekunder. data dan informasi yang diperoleh penulis yakni data primer seperti metode observasi, wawancara dan interview, dan dokumentasi, serta data sekunder seperti buku-buku, jurnal atau sumber lainnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembiayaan mudharabah di BMT Fajar Metro Pusat belum sesuai dengan prinsip ekonomi islam, dikarenakan menggunakan prinsip bagi hasil revenue sharing dan presentasennya lebih besar sehingga merugikan satu pihak dalam bekerja sama. sedangkan dalam UMKM setelah mendapatkan pembiayaan mudharabah sangat berpengaruh terhadap usaha yang dijalankannya, yaitu dengan melihat dari tingkat penghasilan sebelum menggunakan produk dan setelah menggunakan produk mudharabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:38
Last Modified: 02 Mar 2022 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17972

Actions (login required)

View Item View Item