PENGARUH PENGENDALIAN INTERN DAN KOMPENSASI TERHADAP PERILAKU ETIS KARYAWAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BPRS Bandar Lampung Periode 2017-2018)

RAHMAYA, PUTRI ERIYA (2022) PENGARUH PENGENDALIAN INTERN DAN KOMPENSASI TERHADAP PERILAKU ETIS KARYAWAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BPRS Bandar Lampung Periode 2017-2018). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAHMAYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Perbankan Syari’ah merupakan salah satu lembaga keuangan yang berperan penting dalam roda perekonomian masyarakat. Dengan berjalannya waktu, bank telah menjadi sebuah kebutuhan dalam hidup manusia. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: Bagaimanakah pengaruh pengendalian intern dan kompensasi terhadap perilaku etis karyawan menurut perspektif ekonomi Islam pada BPRS Bandar Lampung 2019- 2020 yang di analisis secara parsial dan simultan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana secara parsial dan simultan pengaruh pengendalian intern dan kompensasi terhadap perilaku etis karyawan menurut perspektif ekonomi Islam pada BPRS Bandar Lampung 2019-2020. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data yang berupa angka, atau data berupa kata-kata atau kalimat yang di konversi menjadi data yang berbentuk angka. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asusmsi Klasik, Uji Regresi linear Berganda, Uji Koefisien Determinasi (R2) dan Uji Hipotesis, pengolahan data dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22.00 for windows. Hasil penelitian variabel Pengendalian Intern berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Etis Karyawan ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,217 menyatakan bahwa setiap kenaikan Pengendalian Intern sebesar 1 satuan maka akan menaikkan Perilaku Etis Karyawan sebesar 0,217 satuan. Nilai korelasi regresi (R2) yang bernilai positif sebesar 0,780 dan nilai t-hitung yang lebih besar dari pada t-tabel yaitu 3,712 > 2,137 mengidentifikasikan bahwa variabel Pengendalian Intern berpengaruh signifikan positif terhadap Perilaku Etis Karyawan. Hasil penelitian variabel Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Etis Karyawan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi Kompensasi sebesar 0,006 menyatakan bahwa setiap penurunan Kompensasi sebesar 1 satuan maka akan menurunkan Perilaku Etis Karyawan sebesar 0,006 satuan. Nilai korelasi regresi (R2) yaitu sebesar 0,529 dan nilai t- hitung yang lebih besar dari pada t-tabel yaitu 3,698 > 2,137 mengidentifikasikan bahwa variabel Kompensasi berpengaruh signifikan positif terhadap Perilaku Etis Karyawan. Kata Kunci : Bank, Pengendalian Intern, Kompensasi, dan Perilaku Etis Karyawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:38
Last Modified: 02 Mar 2022 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17969

Actions (login required)

View Item View Item