ANALISIS PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS), ECONOMIC VALUE ADDED DAN TOTAL ASSET TURNOVER TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2015-2019 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

ANGGI, RAMADHANTY (2022) ANALISIS PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS), ECONOMIC VALUE ADDED DAN TOTAL ASSET TURNOVER TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2015-2019 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab5 Dapus  Anggi Ramadhanty.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Anggi Ramadhanty.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Industri consumer goods merupakan salah satu bidang industri yang terus berkembang dan menjadi primary sector di Bursa Efek Indonesia sehingga industri ini lebih mencerminkan keadaan pasar modal. Perubahan harga saham yang sangat sensitif menuntut investor perlu melakukan analisis lebih dalam lagi baik secara teknikal maupun secara fundamental. Laporan keuangan perusahaan terdiri dari pos-pos keuangan yang membantu para investor untuk menganalisis dan menilai perusahaan mana yang nantinya akan dipilih sebagai investasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji seberapa besar pengaruh Earning Per Share (EPS), Economic Value Added (EVA) dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap perubahan harga saham pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2015-2019 dalam perspektif ekonomi Islam baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu laporan keuangan semester atau per 6 bulan yang diperoleh dari laman www.idx.co.id. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji F, uji t, dan koefisien determinasi Adjusted R 2 dengan bantuan Microsoft Excel 2003 dan IBM SPSS versi 23. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa secara simultan variabel EPS, EVA, dan TATO berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji parsial menunjukan bahwa variabel EPS berpengaruh signifikan dan positif terhadap perubahan harga saham dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan variabel EVA tidak memiliki pengaruh terhadap perubahan harga saham dengan nilai signifikansi sebesar 0,293 > 0,05. Kemudian variabel TATO memiliki pengaruh signifikan namun negatif terhadap perubahan haga saham dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05. Koefisien determinasi Adjusted R 2 sebesar 0,585 yang artinya variabel perubahan harga saham secara bersama-sama ditentukan oleh variabel EPS, EVA dan TATO sebesar 58,5%, sedangkan sisanya 41,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian. Adapun dalam perspektif Ekonomi Islam investasi pada pasar modal diperbolehkan asalkan sesuai dengan prinsip ekonomi Islam, reaksi investor baik itu jual maupun beli harus berdasarkan analisis teknikal dan fundamental agar sesuai dengan prinsip ekonomi Islam yaitu tidak melakukan spekulatif atau judi dan jual beli yang bersifat gharar. Kata kunci: Earning per share (EPS), economic value added (EVA), total asset turnover (TATO), dan harga saham.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:37
Last Modified: 02 Mar 2022 07:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17968

Actions (login required)

View Item View Item