PENGARUH INVESTASI, INFLASI DAN UPAH MINIMUM KOTA (UMK) TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2010-2018

NOPIYANTI, SHOLEHAH (2022) PENGARUH INVESTASI, INFLASI DAN UPAH MINIMUM KOTA (UMK) TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2010-2018. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.PDF] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI.NOVI FULL.PDF] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penyerapan tenaga kerja merupakan masalah penting dalam pembangunan nasional maupun daerah. Angkatan kerja di kota Bandar lampung dari tahun ketahun sebagai akibat dari bertambahnya jumlah penduduk, sementara kesempatan kerja yang tersedia terbatas jumlahnya. Rumusan masalah adalah bagaimana pengaruh antara Investasi, Inflasi dan UMK secara simultan, parsial terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di kota Bandar lampung pada tahun 2010- 2018 dalam Perspektif Ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Investasi, Inflasi dan UMK terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di kota Bandar lampung dan pandangan islam terkait Investasi, Inflasi dan UMK terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di kota Bandar lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data skunder di kota Bandar lampung. Pengumpulan data menggunakan tekhnik dokumentasi dan stadi pustaka. Data yang terkumpul di uji dengan uji asumsi klasik dan regresi linier berganda dan uji hipotesis. Secara keseluruhan hasil analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa secara parsial (Uji T) Investasi terhadap penyerapan tenaga kerja diketahui nilai sig 0,723 > 0,05 maka hipotesis Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya secara parsial atau individual variabel Investasi tidak berpengaruh terhadap variabel penyerapan tenaga kerja, variabel Inflasi terhadap penyerapan tenaga kerja diketahui nilai sig 0,799 > 0,05 maka hipotesis Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya secara parsial atau individual variabel Inflasi tidak berpengaruh positif terhadap variabel penyerapan tenaga kerja dan UMK terhadap penyerapan tenaga kerja diketahui nilai sig 0,579 > 0,05 maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya secara parsial atau individual variabel objek UMK Tidak berpengaruh positif terhadap variabel penyerapan tenaga kerja serta secara simultan (Uji F) bahwa variabel Investasi, Inflasi dan UMK tidak berpengaruh secara simultan terhadap penyerapan tenaga kerja di kota Bandar lampung karena probabilitasnya 0,788 lebih besar dari 0.05%. Kata kunci : Penyerapan Tenaga Kerja, Investasi, Inflasi dan UMK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:34
Last Modified: 02 Mar 2022 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17965

Actions (login required)

View Item View Item