ANALISIS DAMPAK KEBERADAAN PASAR MODERN TERHADAP PASAR TRADISIONAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus, Lampung)

wulan, putri kinasih (2022) ANALISIS DAMPAK KEBERADAAN PASAR MODERN TERHADAP PASAR TRADISIONAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus, Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi lengkap wulan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS DAMPAK KEBERADAAN PASAR MODERN TERHADAP PASAR TRADISIONAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus, Lampung) Oleh : Wulan Putri Kinasih Pasar sudah menjadi bagian yang melekat dari kehidupan bermasyarkat. Sebagian orang bahkan menggantungkan perkerjaan sehari-hari dari pasar. Maka dari itu, keberadaan pasar sangatlah vital bagi masyarakat serta bagi perekonomian. Pasar sebagai salah satu pusat kegiatan ekonomi masyarakat dapat diklasifikasikan menjadi pasar tradisional dan pasar modern. Di Kecamatan Gisting terdapat pasar modern (Indomart dan Alfamart) yang sudah berdiri, diantaranyaberada di sekitar pasar tradisional Gisting dengan jarak yang sangat dekat. Selain berdekatan dengan pasar tradisional, pasar modern tersebut juga memilikijarak yang sangat bedekatan antara satu pasar modern dengan pasar modernyang lainnya. Keberadaan pasar modern akan berdampak terhadap lingkungansekitarnya. Secara ekonomi, keberadaan pasar modern memiliki dampakterhadap pola perilaku konsumen di lingkungan sekitar, pasar tradisional Gisting dan juga pelaku usaha ritel lain disekitar wilayah berdirinya pasar modern tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana dampak keberadaan pasar modern terhadap pasar tradisional di kecamatan Gisting, kabupaten Tanggamus, Lampung? Dan Bagaimana keberadaan pasar modern dan pasar tradisional di kecamatan Gisting, kabupaten Tanggamus, Lampung ditinjau dalam perspektif ekonomi islam?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan data data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah keberadaan pasar modern tidak berpengaruh terhadap pasar tradisional di kecamatan Gisting. Walaupun dari sisi produk mempengaruhi namun dari sisi harga dan lokasi tidak mempengaruhi sama sekali terhadap pendapatan pedagang pasar di kecamatan Gisting. Dalam pandangan ekonomi islam tentang keberadaan pasar modern dan keberadaan pasar tradisional, keduanya tidak melanggar nilai nilai islam dalam berdagang. Kata Kunci :Pasar tradisional, Pasar modern

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:34
Last Modified: 02 Mar 2022 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17961

Actions (login required)

View Item View Item