PERAN PEMBIAYAAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM MENINGKATKAN USAHA UMKM DI SEKITAR PASAR TEMPEL SUKARAME (Studi Pada BMT Al Fadhila dan Pedagang UMKM Sukarame)

RIDHO, APERO (2022) PERAN PEMBIAYAAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM MENINGKATKAN USAHA UMKM DI SEKITAR PASAR TEMPEL SUKARAME (Studi Pada BMT Al Fadhila dan Pedagang UMKM Sukarame). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cover_Bab I - II_Dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Semakin sempitnya lowongan pekerjaan menjadi faktor utama masyarakat memilih untuk membuka usaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pengembangan usaha mikro UMKM memiliki hubungan yang sangat erat dengan upaya pemberdayaan masyarakat miskin yang merupakan pelaku utama usaha tersebut. Namun permasalahan lain bagi UMKM dalam mengembangkan usahanya ialah penyertaan modal yang mendukung untuk oprasional usaha mereka agar dapat berjalan dengan baik, banyaknya para lintah darat/ rentenir sebagai pemberi modal bagi UMKM semakin tumbuh pesat di kalangan usaha yang memang membutuhkan tambahan modal selain persyaratan yang mudah dan cepat para rentenir juga langsung terjun ke lapangan sehingga sangat memudahkan untuk melaksanakan transaksi tersebut. Adanya koperasi jasa keuangan syariah BMT saat ini menjadi solusi yang tepat untuk membantu berkembanganya UMKM dan membangun sistem keuangan syariah tumbuh pula di kalangan jasa keuangan Dengan kondisi dari permasalahan yang telah dijabarakan di atas, keberadaan Baitul Maal Wat Tamwil Al Fadhila Kecamatan Sukarame diharapkan mampu mengentaskan masalah permodalan UMKM sekitaran Sukarame dan jeratan dari rentenir, penelitian ini ingin mengetahui peran pembiayaan Baitul Maal Wat Tamwil Al Fadhila Kecamatan Sukarame terhadap kemajuan UMKM sekitaran Sukarame Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder berupa wawancara observasi, dan dokumentasi . Populasi dalam penelitian ini berjumlah 220 dan sampel yang digunakan penulis sebanyak 15%, yaitu sebanyak 35 orang Hasil menyatakan dengan adanya penelitian ini dapat pula ditarik kesimpulan bahwa BMT Al Fadhila memiliki beberapa beran penting yang sangat menunjang kemajuan para UMKM ataupun perekonomian masyarakat kecil, adapun peran itu dapat disimpulkan menjadi tiga bagian: pertama melalui pembiayaan dan penyandang modal usaha, kedua peran BMT Al Fadhila memberikan kontribusi berupa motivasi dan strategi usaha agar usaha berkembang dan maju, dan yang ketiga yaitu memberikan wawasan tentang perekonomian atau keuangan syariah sehingga terbebas dari riba. Adapun faktor-faktor yang menjadi kendala BMT Al Fadhila dalam menjalankan perannya terhadap UMKM dan masyarakat yaitu BMT Al Fadhila membutuhkan suntikan modal usaha agar perputaran pembiayaan dapat mencakup luas di seluruh Bandar Lampung yang memiliki usaha mikro kecil yang ingin terbebas dari jeratan riba, adapun kendala lain ialah pembiayaan macet nasabah atau anggota yang kurang bertanggung jawab sehingga menganggu perputaran pembiayaan bagi kalangan nasabah yang memiliki riwayat pembiayaan lancar. Kata Kunci: Ekonomi, Baitul Maal Wat Tamwil , UMKM, Pembiayaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:23
Last Modified: 02 Mar 2022 07:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17954

Actions (login required)

View Item View Item