PENGARUH PENERAPAN E-TICKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) CABANG BAKAUHENI LAMPUNG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Pada Pengguna Jasa Penyeberangan Pelabuhan Bakauheni Lampung

NURANISA, OKTAFIANTRI (2022) PENGARUH PENERAPAN E-TICKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) CABANG BAKAUHENI LAMPUNG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Pada Pengguna Jasa Penyeberangan Pelabuhan Bakauheni Lampung. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURANISA OKTAFIANTRI.pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan pelayanan yang dirasakan oleh Konsumen pengguna jasa penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Bakauheni, saat ini PT. ASDP melakukan kebijakan yakni penerapan e-ticketing sebagai perubahan sistem dari penggunaan tiket manual menjadi tiket elektronik dan terkomputerisasi, sehingga dalam implementasinya masih terdapat keluhan dan ketidaknyamanan penumpang dalam menggunakan layanan tiket elektronik, hal ini berdasarkan informasi dari media online seperti lamppost.co, tribunnews dan republika.co.id selain itu terdapat komplen langsung oleh penumpang pengguna layanan tiket eleketronik pada saat penulis melakukan observasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan, secara parsial dan secara simultan terhadap kepuasan penumpang pengguna layanan tiket online PT. ASDP Indonesia Ferry (persero)? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas pelayanan secara parsial dan secara simultan terhadap kepuasan penumpang pengguna layanan tiket online PT. ASDP Indonesia Ferry (persero). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yaitu penumpang penyeberangan pengguna layanan e-ticketing. pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling dengan diperoleh 100 sampel sebagai responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji statistik T dan uji statistik F. Data diolah dengan menggunakan software SPSS20 dan Microsoft excel 2010. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan layanan tiket elektronik pada PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). ii Secara parsial kualitas sistem (X1) tidak berpengaruh secara positif dan signifikan sedangkan kualitas informasi (X2) dan kualitas pelayanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang (Y) PT. ASDP Indonesia Ferry (persero) dalam menggunakan sistem layanan tiket online. Penerapan e-ticketing pada PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dalam Islam telah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam layanan ini memberikan manfaat penumpang dengan membantu mempermudah konsumen membeli tiket penyeberangan. Prinsip Maslahah dan kemudahan penggunaan merupakan prinsip yang penting dalam Islam, akad yang digunakan dalam transaksi e-ticketing yaitu termasuk akad ijarah. Selain itu berdasarkan hasil kuisioner yang telah dibagikan kepada penumpang penumpang merasa puas akan penerapan e-ticketing Pada PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Kata kunci : Tiket elektronik, kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:16
Last Modified: 02 Mar 2022 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17941

Actions (login required)

View Item View Item