ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK BUMI BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN WAY KANAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bapenda Kabupaten Way Kanan)

AGUSTIA, NINGSIH (2022) ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK BUMI BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN WAY KANAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bapenda Kabupaten Way Kanan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal, BAB I, BAB V dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Berlakuknya UU No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah memberikan kewenangan pemungutan Pajak Daerah sepenuhnya dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah. Dengan demikian PBB yang sebelumnya termasuk Pajak Pusat kini berubah menjadi Pajak Daerah. Menurut Mardiasmo kontribusi digunakan untuk mengetahui sejauh mana pajak dapat berkontribusi dalam penerimaan PAD. Rumusan masalah dalam penelitiaan ini adalah : Bagaimana kontribusi Pajak Bumi dan Bangunan perdesaan dan perkotaan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Way Kanan? Bagaimana tinjauan ekonomi islam mengenai kontribusi pajak bumi bangunan perdesaan dan perkotaan dalam meningkatkan PAD kabupaten way kanan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui bagaimana kontribusi PBB-PP dalam meningkatkan PAD, untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi islam mengenai kontribusi PBB-PP dalam meningkatkan PAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Alat analisis yang digunakan yaitu dengan uji efektivitas dan uji kontribusi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data target dan realisasi penerimaan pendapatan asli daerah, target dan realisasi PBB-PP Kabupaten Way Kanan dari tahun 2013–2019. Dapat diketahui bahwa kontribusi PBB-PP Terhadap Pendapatan Asli Daerah kabupaten way kanan pada tahun 2013-2019 hasilnya berfluktuatif atau naik turun. Pada tahun 2013 sebesar 13,58%, pada tahun 2014 turun sebesar 8,39%, tahun 2015 sebesar 8,05%, tahun 2016 naik sebesar 12,93%, pada tahun 2017 sebesar 10,97%, tahun 2018 naik sebesar 13,65% dan pada tahun 2019 turun sebesar 8,86%. Besarnya tingkat kontribusi pajak bumi bangunan perdesaan dan perkotaan terhadap pendapatan asli daerah kabupaten Way Kanan tahun 2013-2019 masuk kriteria “ sangat memberikan kontribusi” dengan nilai rata-rata sebesar 10,91%. Dalam hal ini kontribusi PBB�PP terhadap PAD tahun 2013-2019 dinyatakan “sangat Memberikan kontribusi” karena nilai persentasenya lebih dari 4%. Kata Kunci: Kontribusi, Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan, Pendapatan Asli Daerah, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:08
Last Modified: 02 Mar 2022 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17936

Actions (login required)

View Item View Item