FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSAINGAN USAHA RUMAH KOS (SEWA KAMAR) TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH RUMAH KOS DI KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG MENURUT EKONOMI ISLAM

MUHAMAD, HUSEN (2022) FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSAINGAN USAHA RUMAH KOS (SEWA KAMAR) TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH RUMAH KOS DI KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG MENURUT EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Muhamad Husen.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan disektor jasa ini telah berkembang ke berbagai bidang usaha, salah satunya adalah usaha rumah kos. Usaha ini tumbuh dan berkembang karena adanya kenaikan minat dan keinginan para pelajar yang berasal dari desa ingin melanjutkan study nya untuk menimba ilmu keperguruan tinggi. Di provinsi Lampung sangat banyak di temukan pelajar SMA atau sederajat yang tinggal di daerah Kabupaten di Provinsi Lampung melanjutkan sekolah di perguruan tinggi di Bandar Lampung, pilihan untuk melanjutkan keperguruan tinggi di luar daerah dengan alasan keterbatasan atau belum memadainya sarana dan prasarana di perguruan tinggi di daerahnya, bahkan mungkin tidak ada perguruan tinggi di daerah asal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama Bagaimana pengaruh persaingan usaha rumah kos terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih rumah kos ? dan kedua Bagaimana pandangan Ekonomi Islam tentang pengaruh persaingan usaha rumah kos (sewa kamar) terhadap minat mahasiswa ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persaingan usaha rumah kos terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih rumah kos dan Untuk mengetahui pandangan Ekonomi Islam tentang pengaruh persaingan usaha rumah kos (sewa kamar) terhadap minat mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Metode analisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan salah satu teknik non-probability sampling, yaitu purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan berdasarkan Variabel produk mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,010<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa secara positif signifikan variabel produk mempengaruhi variabel keputusan mahasiswa memilih tempat kos, Variabel harga mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,695>0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh variabel harga secara terhadap variabel keputusan mahasiswa memilih tempat kos, Variabel lokasi mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,002<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa secara positif variabel lokasi secara signifikan mempengaruhi variabel keputusan mahasiswa memilih tempat kos danVariabel promosi mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,002<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa secara positif variabel promosi secara signifikan mempengaruhi variabel keputusan mahasiswa memilih tempat kos. Hasil uji r squere menunjukanpengaruh produk (X1), harga (X2), lokasi (X3) dan promosi (X4) secara bersama-sama terhadap variabel terikatnya yaitu keputusan mahasiswa memilih kos (Y) yaitu sebesar 56,4% sedangkan sisanya 43,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Dalam pandangan Islam, pemilik kos dalam menjalankan usahanya menerapkan prinsip-prinsip islam, yaitu: Melakukan persaingan yang sehat, kejujuran, dan keterbukaan Kata Kunci : RUMAH KOS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:11
Last Modified: 02 Mar 2022 07:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17933

Actions (login required)

View Item View Item