PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung)

GANDIRA, PRIATAMA PURWANTO (2022) PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal, BAB I, BAB V, Dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi yang semakin pesat pada masa globalisasi saat ini membawa dampak perubahan dalam cara memasarkan produk. Teknologi internet memegang peranan penting sebagai kunci kesuksesan untuk mendapatkan banyak pelanggan. Melalui internet, pemsaran produk dari produsen ke konsumen tidak lagi dibatasi oleh waktu, ruang, dan jarak. Disisi lain konsumen diberikan fasilitas kemudahan berupa pemanfaatan waktu yang singkat untuk belanja, membandingkan merk, harga, dan dapat dengan mudah memesan barang dalam 24 jam atau seharian. Dengan adanya kemudahan ini sdebgaian besar konsumen mengalami impulsif baying (pembelian tidak terencana) saat berbelanja. Penelitian ini mencoba mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan konsumen melakukan impulsif buying ketika berbelanja secara online. Penelitian ini menggunakan empat variabel yaitu harga (X1), promosi (X2), kualitas informasi (X3) sebagai variabel independen dan impulsif buying (Y) sebagai variabel dependen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Informasi Terhadap Pembelian Impulsif Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung). Penelitian ini bersifat kuatitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitiannya adalah Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuisioner yang disebar menggunakan google form. Data sampel diambil dengan menggunakan Teknik nonprobability sampling yang berjumlah 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan uji T dan uji F untuk membuktikan adanya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen yang diolah menggunakan software SPSS 20.0. Berdasarkan hasil uji T dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel yang digunakan yaitu variabel harga, promosi, dan kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadapa pembelian impulsif secara individu. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa ketiga variabel yaitu harga, promosi, dan kualitas informasi berpemgaruh terhadap pembelian impulsif secara online pada mahasiswa/mahasiswi FEBI UIN Raden Intan Lampung. Dalam Ekonomi Islam konsumsi seorang muslim harus sesuai dengan syariat ekonomi islam dan harus memprioritaskan kebutuhan bukan keinginana yang tak terbatas. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Al-Quran Surah Al-A’raf ayat 31dan Al�Furqon ayat 67. iii Kata kunci: Harga, Promosi Kualitas Informasi, dan Pembelian Impulsif iv ABSTRACT Rapid development of technology in the current era of globalization had an impact on changes in the way products are marketed. Internet technology plays an important role as the key to success in getting many customers. Through the internet, product marketing from producers to consumers is no longer limited by time, space and distance. On the other hand, consumers are provided with convenience facilities in the form of short time utilization for shopping, comparing brands, prices, and can easily order goods within 24 hours or all day. With this convenience, most consumers experience buying impulsiveness (unplanned purchases) when shopping. This study tries to determine the factors that cause consumers to make impulsive buying when shopping online. This study uses four variables, namely price (X1), promotion (X2), quality of information (X3) as the independent variable and impulsive buying (Y) as the dependent variable. This study aims to examine the effect of price, promotion and quality of information on impulsive purchases according to an Islamic economic perspective (a study of FEBI students at UIN Raden Intan Lampung). This research is quantitative with descriptive research type. The research object was the FEBI UIN Raden Intan student, Lampung. This study uses primary data obtained from questionnaires distributed using google form. The sample data were taken using nonprobability sampling technique, amounting to 100 respondents. The method used in this study is multiple linear regression using the T test and F test to prove the influence of independent variables on the dependent variable processed using SPSS 20.0 software. Based on the results of the T test, it can be concluded that the three variables used, namely the variable price, promotion, and quality of information have a significant effect on individual impulsive purchases. While the results of the F test show that the three variables, namely price, promotion, and quality of information have an effect on impulsive online purchases in FEBI students of UIN Raden Intan Lampung. In Islamic Economics, the consumption of a Muslim must be in accordance with the Islamic economic sharia and must prioritize unlimited needs, not desires. As has been explained in the Al-Quran Surah Al-A'raf verse 31 and Al-Furqon verse 67. Keywords: Price, Promotion of Information Quality, and Impulsive Purchasing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:04
Last Modified: 02 Mar 2022 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17931

Actions (login required)

View Item View Item