ANALISIS IMPLEMENTASI POLA BAGI HASIL PADA PETAMBAK GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Petambak Udang Desa Bumi Dipasena Sejahtera Kecamatan Rawajitu Timur Kabupaten Tulang Bawang)

AMALIA, SAGITA PUTRI (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI POLA BAGI HASIL PADA PETAMBAK GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Petambak Udang Desa Bumi Dipasena Sejahtera Kecamatan Rawajitu Timur Kabupaten Tulang Bawang). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI AMALIA SAGITA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan ekonomi merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh manusia dalam berbagai bidang kehidupan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada prakteknya dilingkungan masyarakat tidak semua orang dengan kegiatan ekonominya dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya sehingga diperlukan kerja sama antara orang yang memiliki keahlian dengan pemilik modal usaha dengan konsep kerjasama yang adil melalui perjanjian. Dalam islam perjanjian atau perserikatan disebut dengan akad. Salah satu contoh kerjasama yaitu antara pemilik modal dengan petani tambak udang di Desa Bumi Dipasena Sejahtera di Kecamatan Rawajitu Timur Kabupaten Tulang Bawang. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu melihat bagaimana implementasi pola bagi hasil yang dilakukan petani tambak udang dan pemilik modal dalam meningkatan pendapatan serta melihat apakah kerjasama tersebut dapat meningkatkan pendapatan petani tambak udang dalam perspektif ekonomi Islam Jenis Penelitian yang digunakan adalah penlitian field research yaitu penelitian lapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pola bagi hasil pemilik modal dan petani tambak udang dalam meingkatkan pendapatan di Desa Bumi Dipasena Sejahtera. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pengumpulan data sebagai berikut: interview mendalam, observasi serta dokumentasi. Populasi petani tambak udang yang melakukan kerjasama sebanyak 150 orang dan sampel diambil 20% dari jumlah populasi sebanyak 30 orang, yaitu 25 petani tambak udang dan 5 pemilik modal. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kerjasama yang dilakukan petani tambak udang dan pemilik modal menggunakan perjanjian secara lisan. Modal yang diberikan seluruhnya dari pemilik modal berupa barang produksi dan petani tambak udang hanya perlu memiliki lahan tambak dan juga keahlian dalam budidaya udang. Pembagian hasil menggunakan 3 sistem, pertama dengan perbandingan 70:30 atau 50:50, kedua pengambilan keuntungan dari barang produksi, dan ketiga pengambilan keuntungan 3 point (Rp3.000/kg). Seluruh sistem menggunakan kerjasama dalam bentuk musyarakah al-„inan, tetapi yang menanggung kerugian adalah petani tambak udang dan tidak sesuai dengan musyarakah al-„inan yang kerugiannya ditanggung bersama terkecuali yang menggunakan sistem 50:50. Distribusi pendapatan sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam yaitu tidak mengandung riba dan gharar, tetapi dalam prinsip keadilannya tidak sesuai karena kerugian seluruhnya ditanggung petani tambak udang. Namun hal tersebut sudah menjadi kesepakatan bersama. Peningkatan pendapatan petambak udang sangat bervariasi tergantung berapa jumlah modal yang dikeluarkan. Pendapatan juga semakin meningkat apabila dalam kurun waktu beberapa bulan (dalam beberapa periode panen) tidak mengalami kegagalan, sebaliknya apabila mengalami kegagalan maka pendapatan petambak udang semakin menurun Kata Kunci : Pola Bagi Hasil, Pendapatan, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:46
Last Modified: 02 Mar 2022 06:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17913

Actions (login required)

View Item View Item