IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KONSTRUKTIVISTIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TAMANSARI LAMPUNG TENGAH

KARTIKA, WIJAYANTI (2022) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KONSTRUKTIVISTIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TAMANSARI LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI KARTIKA WIJAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya kesulitan siswa di dalam mengkonstruksikan pembelajaran yang telah diajarkan di dalam kelas pada mata pelajaran IPA, sehingga siswa hanya akan menghafalkan konsep namun dari segi kualitasnya masih kurang sehingga menyebabkan kemampuan berfikir konstruktivistik siswa menjadi kurang baik. Pendekatan pembelajaran CTL memungkinkan siswa untuk menampilkan kreatifitasnya secara maksimal, melalui kemampuan menghubungkan materi yang dipelajarinya dengan kehidupan nyata siswa, siswa dapat mengemukakan pendapat, ide, pola berfikirnya dan lainnya, di samping proses tersebut akan mengaktifkan kemampuan siswa di dalam unjuk kemampuan dan menumbuhkan rasa percaya diri pada diri siswa karena merasa dibutuhkan dan dihargai kemampuanya juga akan menumbuhkan kemandirian pada diri siswa di dalam memecahkan segala problematika yang dihadapi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pendekatan CTL untuk meningkatkan kemampuan berfikir konstruktivistik siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SD Negeri Tamansari Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan langkah penelitian yang menciptakan data deskriptif berbentuk kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang atau keadaaan yang terlihat. Sumber data primer diperoleh dari guru, dan data sekunder dalam penelitian ini berupa arsip, data tertulis dan dokumentasi yang digunakan sebagai penguat data yang telah didapat. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian: Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran IPA disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, dan telah sesuai dengan visi misi sekolah, perencanaan telah dituangkan di dalam silabus kemudian dijabarkan di dalam RPP yang dibuat di awal tahun pembelajaran dan diterapkan sesuai dengan kondisi siswa, penyusunan RPP akan disesuaikan dengan standart kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat pada silabus dari mata pelajaran IPA. Pelaksanaan pembelajaran CTL di SD Negeri Tamansari Lampung Tengah sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari segi metode yang digunakan dalam pembelajaran IPA, dari segi proses kegiatan pembelajaran, keaktifan guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga kemampuan berfikir konstruktivistik siswa meningkat. Peningkatan kemampuan berfikir konstruktivistik siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning di SD Negeri Tamansari Lampung Tengah peningkatan kemampuan berfikir konstruktivistik siswa di dasari kompetensi guru di dalam mengelola kelas terlebih dahulu, mulai dari kegiatan bertanya, dan media pembelajaran, guru dalam mengoptimalkan seluruh kemampuan siswa untuk dapat aktif ikut serta di dalam pembelajaran melalui pemberian motivasi kepada siswa, adanya upaya untuk menanggulangi kendala dari kekurang keefektifan pendekatan pembelajaran CTL dengan cara memperbanyak prosentase waktu untuk guru. Guru akan memanfaatkannya untuk ceramah dan siswa akan mempraktikkannya ataupun menganalisis kemudian untuk di definisikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:29
Last Modified: 02 Mar 2022 06:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17907

Actions (login required)

View Item View Item