ANALISIS KEMAMPUAN MANAJEMEN DAN STRATEGI BISNIS TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Industri Keripik Aca Pekon Sebarus Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat)

HERLI, YANTI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MANAJEMEN DAN STRATEGI BISNIS TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Industri Keripik Aca Pekon Sebarus Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI HERLI YANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan manajemen dan strategi bisnis tidak lepas dari kegiatan perekonomian masyarakat yang mempunyai kecakapan atau kesanggupan untuk memimpin dalam melaksanakan tugas dan fungsinya serta bertanggung jawab, serta dalam hal tersebut terdapat strategi yang sangat berpengaruh terhadap perusahaan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat khususnya dalam meningkatkan taraf hidup karyawan di industri keripik Aca Pekon Sebarus. Dalam perspektif ekonomi Islam juga tidak menyimpang dari syariat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan manajemen dan strategi bisnis terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi pada industri keripik Aca Pekon Sebarus Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat? dan bagaimana kemampuan manajemen dan strategi bisnis terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat pada industri keripik Aca dalam perspektif ekonomi Islam?. Adapun tujuan penelitian ini: untuk menjelaskan kemampuan manajemen dan strategi bisnis terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi pada industri keripik Aca Pekon Sebarus Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat dan mengetahui pandangan ekonomi Islam tentang kemampuan manajemen dan strategi bisnis yang digunakan untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan membaca, memahami dan mencatat barbagai bacaan yang sesuai dengan pokok bahasan serta mencari data yang bersumber dari pemilik dan karyawan industri keripik Aca. Sifat dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berasal dari wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan manajemen dan strategi bisnis berdampak positif dalam peningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Hal ini pun merupakan salah satu yang melatarbelakangi industri keripik Aca masih berjalan hingga sampai saat ini serta mampu meningkatkan kesejahteraan karyawan di industri keripik Aca Pekon Sebarus. Dalam Islam pun kemampuan manajemen dan strategi bisnis yang digunakan tidak menyimpang dari prinsip ekonomi Islam karena tidak ada hal yang melanggar, meskipun belum memiliki lebel halal, tetapi bahan yang digunakan adalah bahan-bahan yang halal menurut Islam dan sudah memiliki izin usaha. Kata kunci : Kemampuan manajemen, strategi bisnis, kesejahteraan masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:33
Last Modified: 02 Mar 2022 06:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17904

Actions (login required)

View Item View Item