ANALISIS PENETAPAN BESARAN UPAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada PT Silva Inhutani Lampung Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji)

MUHAMAD, ROFIKI (2022) ANALISIS PENETAPAN BESARAN UPAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada PT Silva Inhutani Lampung Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I,II, Dapus MUHAMAD ROFIKI (1651010147).pdf] PDF
Download (656kB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMAD ROFIKI (1651010147).pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Upah merupakan salah satu aspek yang paling sensitif di dalam hubungan kerja, jika berbagai pihak yang terkait melihat upah dari sisi masing-masing yang berbeda. Pekerja melihat upah sebagai sumber penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidup pekerja dan keluarganya yang secara psikologis upah juga dapat menciptakan kepuasan bagi pekerja. Di lain pihak, perusahaan melihat upah sebagai salah satu biaya produksi, dan sementara itu pemerintah melihat upah adalah untuk tetap dapat menjamin terpenuhinya kehidupan yang layak bagi pekerja dan keluarganya, meningkatkan produktivitas pekerja, dan meningkatkan daya beli masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penetapan besaran upah dalam meningkatkan kinerja karyawan pada PT Silva Inhutani Lampung, Bagaimana penetapan besaran upah dalam meningkatkan kinerja karyawan ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui penetapan besaran upah dalam meningkatkan kinerja karyawan pada PT Silva Inhutani Lampung dan Untuk mengetahuipenetapan besaran upah dalam meningkatkan kinerja karyawan ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data primer, data sekunder dan pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penetapan tingkat upah yang diterapkan di PT Silva Inhutani Lampung diberlakukan dengan penggolongan jabatan. Tingkat golongan yang paling tinggi menerima upah paling tinggi pula, dan begitu sebaliknya tingkat golongan jabatan yang paling rendah menerima upah rendah pula. Penentuan tingkat upah di PT Silva Inhutani Lampung sudah sesui dengan konsep Islam yaitu adil, transparan dan proporsianal. Sistem upah di PT Silva Inhutani Lampung, Mesuji yang sesuai dengan syariat Islam diantaranya karyawan telah mengetahui upahnya sebelum bekerja dan melakukan akad terlebih dahulu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:20
Last Modified: 02 Mar 2022 06:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17903

Actions (login required)

View Item View Item