PENGARUH RISIKO PEMBIAYAAN, KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF DAN VOLUME PEMBIAYAAN TERHADAP TINGKAT RENTABILITAS PADA BANK UMUM SYARIAH (Studi Pada 5 Bank Umum Syariah Tahun 2016-2018)

OLGA, ROMANTIA WINARNI (2022) PENGARUH RISIKO PEMBIAYAAN, KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF DAN VOLUME PEMBIAYAAN TERHADAP TINGKAT RENTABILITAS PADA BANK UMUM SYARIAH (Studi Pada 5 Bank Umum Syariah Tahun 2016-2018). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI OLGA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kondisi keuangan bank dapat dikatakan baik atau buruk salah satunya dilihat dari rentabilitas yang dimiliki bank, rentabilitas merupakan reaksi yang menunjukkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba. Kinerja perbankan syariah di tahun 2019 menunjukkan nilai rentabilitas pada perbankan syariah hasilnya per kuartal III/2019 menunjukkan perlambatan dalam pertumbuhan laba. Hal ini disebabkan karena kondisi pembiayaan bermasalah NPF (Non Performing Financing) memang jauh lebih tinggi dari bank konvensional. NPF (Non Performing Financing) pada akhir maret berada 3,44%, sementara kredit bermasalah perbankan konvensional NPL (Non Performing Loan) berada pada level 2,5%. Pada periode sebelumnya, pembiayaan bermasalah perbankan syariah lebih besar lagi contohnya pada akhir 2017 yang mencapai 4,76% ataupun 2016 yang mencapai 4,42%. Hal tersebut berpengaruh terhadap rentabilitas dari perbankan syariah. Tingkat rentabilitas dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti risiko pembiayaan, kualitas aktiva produktif dan volume pembiayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Risiko Pembiayaan, Kualitas Aktiva Produktif dan Volume Pembiayaan Terhadap tingkat Rentabilitas pada BUS. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sampling, diperoleh 5 BUS sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu laporan keuangan triwulan BUS yang dipublikasi melalui website resmi lembaga keuangan yang terkait dari tahun 2016- 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Risiko Pembiayaan (NPF) berpengaruh dan signifikan dengan nilai thitung sebesar 2,194 dan nilai signifikansi sebesar 0,000, variabel Kualitas Aktiva Produktif (KAP) berpengaruh dan signifikan dengan nilai thitung sebesar 1,768 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan variabel Volume Pembiayaan (FDR) berpengaruh dan signifikan dengan nilai thitung sebesar 2,582 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Secara bersama-sama (simultan) variabel independen Risiko Rembiayaan, Kualitas Aktiva Produktif dan Volume Pembiayaan berpengaruh signifikan terhadap tingkat rentabilitas pada BUS. Berdasarkan hasil perhitungan uji determinasi besarnya koefisien determinasi sebesar 81, 10% sedangkan sisanya 18,90% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam persamaan model regresi. Hal ini berarti hasil positif ini menunjukkan bahwa kinerja perbankan baik dalam NPF, KAP dan FDR akan tetapi BUS disarankan untuk tetap memperhatikan rasio-rasio keuangan tersebut agar supaya tingkat rentabilitas bank dapat terus meningkat dan dapat memberikan kontribusi laba yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:12
Last Modified: 02 Mar 2022 06:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17895

Actions (login required)

View Item View Item