ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPRIBADIAN, PENGETAHUAN DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM BERWIRAUSAHA DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

SERLY, SELVIANA (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPRIBADIAN, PENGETAHUAN DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM BERWIRAUSAHA DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1, 5 DAPUS    SERLY SELVIANA.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SERLY SELVIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPRIBADIAN,PENGETAHUAN, MOTIVASI DAN MINAT MAHASISWA DALAM BERWIRASUAHA DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Oleh SERLY SELVIANA Semakin banyaknya penduduk tentu semakin berkurangnya lapangan pekerjaan. Berwirausaha menjadi salah satu jalan utama dalam mengurangi lapangan pekerjaan. Mahasiswa dituntut bukan hanya pintar dalam bidang yang diambil namun dalam pintar dalam berwirausaha. Mahasiswa yang berwirausaha tentu nya akan mengurangi jumlah pengguran. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan adalah Fakultas yang ada Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Yang berada di Kota Bandar lampung. Banyaknya jumlah yang ingin menjadi guru dan semakin sedikitnya lapangan pekerjaan untuk menjadi CPNS ini salah satu mahasiswa ingin menjadi seorang wirausahawan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode field research atau metode lapangan dan penelitian ini bersifat kualitatif, yang bertujuan untuk menjelaskan kondisi secara langsung dan berupaya memberikan solusi terhadap permasalah yang ada dalam aspek kehidupan. Teknik, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara dan kuesioner. Dari hasil pembahasan diketahui bahwa faktor-faktor yang terdapat pada mahasiswa dalam berwirausaha terdiri dari semangat dan kerja keras, faktor pengetahuan yang terdiri dari ide dan peluang dan faktor motivasi yang terdiri dari kebutuhan akan hubungan dan kebutuhan akan pencapaian yang mempengaruhi minat mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan angkatan 2019. Dalam perspektif ekonomi islam faktor-faktor yang terdiri dalam minat mahasiswa adalah sebagai contoh bahwasana sebagai manusia biasa kita anjurkan untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan beribadah kepada Allah semaksimal mungkin untuk mengikuti semua perintahnya dan mengikuti jejak Rasullah SAW. Kata Kunci : Mahasiswa, Berwirausaha dan Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 04:38
Last Modified: 02 Mar 2022 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17887

Actions (login required)

View Item View Item