KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KOTA BANDAR LAMPUNG

Deksa, Ira Lindriyati (2022) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of TESIS DEKSA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis ini berjudul “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Se-Kota Bandar Lampung”. Hal ini dilatar belakangi oleh adanya Rencana Program Pengajaran membantu dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran yang efektif, efisien, tepat waktu dan memberi peluang untuk lebih mudah dikontrol dan dimonitor dalam pelaksanaannya. Maka evaluasi diperlukan, apakah pembelajaran sudah tercapai apa belum sesuai dengan tujuan pembelajaran, gurulah yang bertanggung jawab atas pelaksanaan evaluasi. Oleh karena itu, maka yang menjadi pokok masalah dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrifsikan dan menggali tentang Pelaksanaan Guru Pendidikan Agama Islam terhadap pelaksanaan evaluasi pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Untuk mendeskrifsikan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 1 Bandar Lampung an MAN 2 Bandar Lampung. Untuk menganalisis secara detail, tentang upaya Guru dalam mengatasi hambatan pada Pelaksanaan Evaluasi pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan evaluasi pendidikan, jenis data dan sumber data yaitu primer (Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru mata pelajaran Aqidah Akhlak) dan sekunder yakni semua tenaga pendidik yang ada di lingkungan Madrasah Aliyah Se-Kota Bandar Lampung yang mana sekolah itu adalah MAN 1 dan MAN 2 Bandar Lampung, maka teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis dilakukan secara interaktif dan terus menerus sampai tuntas dengan melalui model Miles dan Hubermen, yaitu data reduction / reduksi data (merangkum dan memilih hal-hal pokok), data display (penyajian data dalam pola singkat, kemudian conclusion drawing / verification data atau diverifikasi/disimpulkan. Adapun hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama, Proses pelaksanaan evaluasi pembelajaran aqidah akhlak sudah baik, mencakup pembuatan kisi-kisi soal evaluasi pembelajaran, menyusun alat evaluasi pembelajaran, waktu pelaksanaan, tehnik evaluasi pembelajaran, pemberian nilai evaluasi, pelaporan nilai hasil evaluasi serta program remedial. Kedua, Faktor pendukung terbagi menjadi dua: faktor internal dan faktor eksternal. Sedangkan faktor penghambat yaitu keterbatasan jam pelajaran Aqidah Akhlak yang hanya satu jam dalam satu pekan sehingga guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran kurang maksimal, faktor guru bidang studi itu sendiri, karna guru aqidah akhlak belum maksimal menggunakan alat media dengan baik dan penggunaan IT, metode guru yang belum bervariasi dalam menyampaikan materi pembelajaran. Ketiga, Upaya guru dalam mengatasi hambatan pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran: Meningkatkan keseriusan pada jam formal meliputi kwalitas guru, media guru, penambahan jam aqidah akhlak diluar jam formal, mengadakan les di luar jam formal supaya tidak ketinggalan materi pelajaran. vii Melengkapi media yang belum variatif berbasis IT, guru selalu memperbaiki metode pembelajaran yang bervariasi. Berdasarkan temuan di atas penulis merekomendasikan pada Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Bandar Lampung melalui sekolah dan khususnya kepala sekolah untuk menambah jam pembelajaran Akidah Akhlak pada jam formal dan guru selalu mengembangkan Kompetensi Guru dalam hal metodelogi pembelajaran di kelas, pembuatan program pembelajaran sampai ke Analisis, Evaluasi serta selalu mengikuti dalam hal seminar-seminar, MGMP, IHT dan segala hal yang menyangkut dengan pengembangan Profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam. Kompetensi Guru, Pelaksanaan Evaluasi, Pembelajaran Aqidah Akhlak, MAN 1 Bandar Lampung Dan MAN 2 Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 02:17
Last Modified: 02 Mar 2022 02:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17870

Actions (login required)

View Item View Item