ANALISIS PENGARUH RGEC TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH (Studi Pada Pt. Bank Panin Dubai Syariah Periode 2010 - 2019)

SITI, REXA RIAYANDA (2022) ANALISIS PENGARUH RGEC TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH (Studi Pada Pt. Bank Panin Dubai Syariah Periode 2010 - 2019). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI REXA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan perbankan syariah di Indonesia masih mempunyai peluang sangat besar karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim sehingga pengembangan perbankan syariah dapat memberi kemaslahatan bagi masyarakat dan dapat berkontribusi dalam perekonomian nasional agar pengembangan perbankan syariah harus mengacu pembangunan. Dalam penilaian perbankan syariah wajib memelihara kesehatan bank nya seperti yang sudah tertera dalam Undang-Undang No 21 tahun 2008 karena kondisi bank yang sehat mampu untuk menghadapi faktor negatif yang signifikan terhadap perubahan kondisi bisnis dan faktor eksternal tercermin dari faktor-faktor penilaian berupa risk profile, penerapan Good Coorporate Governance (GCG), Earnings dan permodalan secara umum dan baik. Untuk itu pada tanggal 25 Oktober 2011 Bank Indonesia mengeluarkan peraturan baru tentang penilaian kesehatan dengan menggunakan pendekatan risiko (Risk-Based Bank Rating) yang meliputi empat faktor pengukuran, yaitu profil risiko (risk profile), good corporate governance (GCG), rentabilitas (earnings), dan permodalan (capital) yang selanjutnya disingkat dengan RGEC yaitu sistem yang mengatur hubungan antara para stakeholders demi tercapainya tujuan perusahaan dimana proksi yang digunakan untuk mengukur GCG adalah komposisi dewan komisaris independen, jumlah direksi, jumlah komite audit dan kepemilikan institusional dimana keempat penilaian tersebut merupakan variabel yang telah terbukti berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Penelitian yang menggunakan metode pendekatan penelitian secara deskriptif kuantitatif.. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Bank Umum Syariah. Penelitian ini menggunakan tekhnik purposive sampling, dimana anggota samplenya diambil secara khusus sesuai dengan tujuan peneliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang berupa laporan keuangan GCG Tahuan pada periode 2012-2019. Dalam penelitian ini penulis mengunakan penelitan kuantitatif dan dianalisis dengan SPSS 20. Hasil Uji Hipotesis dengan menggunakan Uji F pada faktor NPF,GCG, BOPO dan CAR diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,108 iii yang artinya variabel dari Non Performing Financing (NPF), Self assestment, Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dan Capital Adequacy Ratio (CAR) secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap variabel terikat kinerja keuangan yang dilihat dari Return On Assets (ROA) Bank Panin Dubai syariah. Dengan demikian diterima. Kata kunci : rgec, kinerja keuangan, bank

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 01:59
Last Modified: 02 Mar 2022 01:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17868

Actions (login required)

View Item View Item