ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH CERIA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA (Studi kasus pada KSPPS BMT Asyafiiyah Berkah Nasional Cabang Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur)

TIKA, ARDIYANI (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH CERIA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA (Studi kasus pada KSPPS BMT Asyafiiyah Berkah Nasional Cabang Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1,BAB 2 , DAPUS Tika Ardiyani.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Tika Ardiyani ,,.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pembiayaan murabahah ceria merupakan pembiayaan yang diminati banyak masyarakat. Di buktikan dengan meningkatnya jumlah anggota pembiayaan murabahah ceria di tahun 2016-2019 pada KSPPS BMT Asyafiiyah Berkah Nasional cabang Purbolinggo kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dan kendala yang di hadapi KSPPS BMT Asyafiiyah Berkah Nasional cabang Purbolinggo kabupaten Lampung Timur dalam memasarkan produknya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, teknik wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan cenderung kepada bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, bukti fisik. Berdasarkan strategi pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS BMT Asyafiiyah Berkah Nasional cabang Purbolinggo kabupaten Lampung Timur khususnya pada pembiayaan murabahah ceria yang mampu dalam meningkatkan jumlah anggota yaitu dengan strategi produk, strategi harga, dan strategi promosi. Selain itu terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh pihak BMT yaitu, kurangnya rasa kepercayaan terhadap rekam jejak BMT yang gulung tikar, selanjutnya keterlambatan para anggota untuk membayar angsuran karena faktor usaha yang kurang baik, dan karakter anggota yang kurang amanah, serta adanya persaingan yang cukup ketat dengan lembaga keuangan lainnya. Hal tersebut senada dengan penelitian yang dilakukan oleh Laxmi Sulistyoningrum yang menyatakan bahwa strategi pemasaran yang digunakan BMT harum pati yaitu dengan menggunakan 4P yaitu strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, dan strategi iv promosi, tetapi yang memiliki peranan penting dalam pemasaran produk simpanan pelajar adalah strategi promosi yang dilakukan para marketing dalam memperkenalkan produk. Kata kunci :BMT, Pemasaran, Pembiayaan, Strategi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 08:04
Last Modified: 01 Mar 2022 08:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17865

Actions (login required)

View Item View Item