PENGARUH PEMBIAYAAN BAGI HASIL (MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH) TERHADAP PENDAPATAN DANA BAGI HASIL (Studi Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Periode 2016-2020)

LAILA, KODRIYAH (2022) PENGARUH PEMBIAYAAN BAGI HASIL (MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH) TERHADAP PENDAPATAN DANA BAGI HASIL (Studi Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Periode 2016-2020). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER.BAB 1.BAB 5.DAPUS  LAILA.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI LAILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu tonggak utama pelaksanaan ekonomi syariah dalam dunia perbankan syariah adalah mudharabah dan musyarakah (bagi hasil). Jenis transaksi ini mewakili prinsip Islam untuk mewujudkan keadilan masyarakat melalui sistem bagi hasil. Oleh karena itu, pengelolaan pembiayaan bagi hasil harus lebih efektif karena kemungkinan akan meningkatkan kontribusi terhadap perolehan pendapatan bank syariah. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data dokumentasi. Pendekatan penelitian adalah kuntitatif deskriptif dan jenis penelitian asosiatif kausal dengan data sekunder yang diperoleh dari website resmi PT Bank Muamalat Indonesia yaitu www.bankmuamalat.co.id berupa laporan keuangan triwulan periode 2016-2020 serta teori-teori yang terkait pembiayaan di bank syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan bagi hasil mudharabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan dana bagi hasil pada nilai coefficient sebesar 0.391208 dan tingkat profitabilitas 0.0226 dengan nilai profitabilitas < 0.05 sehingga H1 diterima. Pembiayaan Bagi Hasil Musyarakah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan dana bagi hasil dengan nilai coefficient sebesar 0.065410 dan tingkat profitabilitas 0.0450 pada nilai profitabilitas < 0.05 Sehingga H2 diterima. Secara simultan Variabel Pembiayaan Bagi Hasil (Mudharabah dan Musyarakah) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan dana bagi hasil diperoleh nilai Ftabel (0.015642) < Fhitung (62.92981). Sehingga dapat disimpulkan bahwa jika terjadi peningkatan atau penurunan pada variabel Independen yaitu Pembiayaan Bagi Hasil Mudharabah (X1) dan atau Pembiayaan Bagi Hasil Musyarakah (X2), maka akan meningkatkan atau menurunkan variabel dependennya yaitu Pendapatan Dana Bagi Hasil (Y) pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Kata kunci: Pendapatan Dana Bagi Hasil, Pembiayaan Bagi Hasil Mudharabah, Pembiayaan Bagi Hasil Musyarakah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 07:41
Last Modified: 01 Mar 2022 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17856

Actions (login required)

View Item View Item