“ANALISIS PENGARUH HARGA DAN STRATEGI DESAIN PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK MASKER KAIN KATUN BERMOTIF PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH” (Studi Pada Masyarakat Milenial di Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat)

ISTI, SARA (2022) “ANALISIS PENGARUH HARGA DAN STRATEGI DESAIN PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK MASKER KAIN KATUN BERMOTIF PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH” (Studi Pada Masyarakat Milenial di Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ISTI SARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan desain produk terhadap minat beli konsumen pada produk masker kain kantun bermotif pada saat pandemi covid-19 dalam persfektif bisnis syariah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan besifat deskriptif dan asosiatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Research). Dalam hal ini Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lamung Barat menjadi okai penelitian dikarenakan menjadi salah satu daerah yang mengalami peningkatan kasus Covid-19 secara signifikan dalam waktu terakhir. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner. Data primer diperoleh langsung dari responden dengan penentuan sampel mengunakan rumus unknow poplatin. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen/publikasi/laporan penelitian dari dinas/instansi maupun sumber data lainnya yang menunjang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bahwa secara parsial variabel harga memiliki thitung sebesar 7,593 > ttabel sebesar 0,677 dan sig sebesar 0,00. Nilai statistik uji t signifikan lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel harga terhadap variabel minat beli. Sedangkan variabel harga memiliki thitung sebesar 5,997 > ttabel sebesar 0,677 dan sig sebesar 0,00. Nilai statistik uji t signifikan lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel desain produk terhadap variabel minat beli. Secara simultan nilai Fhitung diperoleh dari (df 2 (n-k)) dan menghasilkan Ftabel sebesar 3,09. Sehingga Fhitung > Ftabel sebesar 142,904 > 3,09 dan signifikan sebesar 0,000 < 0,05, yang artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel harga dan desain produk terhadap variabel minat beli. Nilai R Square menunjukan bahwa 0,754 atau 75,4% artinya variabel bebas yaitu harga dan desain produk dapat mempengaruhi varabel terikat yaitu minat beli. Sedangkan sisanya yaitu 24,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini yang berarti masih terdapat variabel bebas lain yang mempengaruhi minat beli. Kata Kunci: Harga, Desain Produk, Minat Beli iii ABSTRACT This study aims to determine the effect of price and product design on consumer buying interest in patterned cotton cloth masks at the time of the Covid-19 pandemic in a sharia business perspective. This research is a quantitative research and is descriptive and associative. The type of research used in this research is library research and field research. In this case, Way Tenong District, West Lamung Regency is the subject of research because it is one of the areas that has experienced a significant increase in Covid-19 cases in the last time. This study uses a questionnaire data collection technique. Primary data were obtained directly from respondents by determining the sample using the unknow poplatin formula. Meanwhile, secondary data is obtained from documents / publications / research reports from agencies / agencies as well as other supporting data sources. The results of this study indicate that partially the price variable has a tcount of 7.593> a t table of 0.677 and a sig of 0.00. The statistical value of the t test is significant less than 0.05, so H0 is rejected, meaning that there is a positive and significant influence between the price variable on the purchase interest variable. While the price variable has a tcount of 5.997> a t table of 0.677 and a sig of 0.00. The statistical value of the t test is significant less than 0.05, so H0 is rejected, meaning that there is a positive and significant influence between the product design variable on the purchase intention variable. Simultaneously, the value of Fcount is obtained from (df 2 (n-k)) and produces Ftable of 3.09. So that Fcount> Ftable is 142.904> 3.09 and is significant at 0.000 <0.05, which means that there is a positive and significant influence between price and product design variables on the purchase intention variable. The value of R Square shows that 0.754 or 75.4% means that the independent variable, namely price and product design, can affect the dependent variable, namely buying interest. While the rest, namely 24.6%, is influenced by other variables which are not examined in this study, which means that there are other independent variables that influence buying interest. Keywords: Price, Product Design, Purchase Interest

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 07:34
Last Modified: 01 Mar 2022 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17853

Actions (login required)

View Item View Item