ANALISIS DAMPAK FLUKTUASI HARGA BBM (SOLAR) TERHADAP SUSTAINABLE USAHA PENANGKAPAN IKAN KAPAL MOTOR PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Nelayan Desa Merak Belantung Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan)

DEWI, SANTIKA (2022) ANALISIS DAMPAK FLUKTUASI HARGA BBM (SOLAR) TERHADAP SUSTAINABLE USAHA PENANGKAPAN IKAN KAPAL MOTOR PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Nelayan Desa Merak Belantung Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB,1,BAB 2, DAPUS DEWI SANTIKA.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DEWI SANTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan Negara bahari yang sangat luas dan perlu didukung oleh pemerintah dalam upaya memajukan disektor kelautan.Bahan bakar minyak (BBM) merupakan salah satu komponen penting dalam suatu operasi penangkapan ikan. Biaya yang dikeluarkan oleh nelayan untuk BBM diperkirakan mencapai 50-70% dari total biaya operasional melaut.Fluktuasi BBM yang dirasakan oleh para nelayan akan berdampak pada keberlanjutan usaha tangkap ikan kapal motor terutama pada aspek ekonomi, karena bahan bakar minyak adalah salah satu faktor paling penting untuk menunjang kegiatan para nelayan desa Merak Belantung untuk pergi bernelayan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah Fluktuasi harga BBM berdampak pada Sustainable usaha penangkapan ikan, serta bagaimana pandangan dalam ekonomi Islamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak keberlanjutan usaha nelayan ikan kapal motor setelah adanya fluktuasi BBM baik secara parsial dan simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan sifat deskriptif analisis. Populasi dari penelitian ini adalah 157 anggota, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling (penentuan sampel dengan kriteria tertentu),seperti lama melaut,alat tangkap,tenaga kerja, pengalaman. sehinga jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 anggota yang dianggap paling mengetahui dan berperan aktif dalam keberlanjutan usaha penangkapan ikan Merak Belantung. Hasil dari penelitian ini adalah Adanya Fluktuasi harga BBM telah berdampak pada sustainable usaha tangkap ikan kapal motor desa Merak Belantung, ini semua terlihat dari teori dan aspek–aspek keberlanjutan usaha perikanan. Terlihat pada aspek ekonomi dan aspek sosial, fluktuasi harga bahan bakar minyak yang berdampak negatif, namun pada aspek ekologi dan kelembagaan berdampak positif. Sedangkan dalam perspektif ekonomi islam penetapan harga bahan bakar minyak yang terjadi pada nelayan ikan tangkap desa Merak Belantung belum sepenuhnya sesuai dengan konsep ekonomi islam.Dari 5 konsep yang ada dalam konsep penetapan harga dalam islam, ada beberapa yang sudah sesuai dengan konsep ekonomi islam yaitu ar-ridha, dan keadilan, sedangkan tiga diantaranya belum memenuhi penetapan harga dengan konsep ekonomi islam, yaitu ada persaingan sehat (fair competition), Kejujuran (honesty), dan Keterbukaan (transparancy). Hal iniberdampak pada keberlanjutan usaha tangkap ikan Merak Belantung. Kata Kunci: penetapan harga,sustainable usaha perikanan, ekonomi islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 07:26
Last Modified: 01 Mar 2022 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17850

Actions (login required)

View Item View Item