ANALISIS EFISIENSI BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris Bank BNI Syariah dan Bank Mandiri Syariah Periode 2018-2020)

ANDINI, SAPUTRI (2022) ANALISIS EFISIENSI BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris Bank BNI Syariah dan Bank Mandiri Syariah Periode 2018-2020). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ANDINI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANDINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Semakin berkembangnya pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia menimbulkan adanya persaingan antara perbankan syariah dengan berbagai bentuk produk dan pelayanan jasa yang diberikan. Oleh karena itu, dalam persaingan yang kompetitif perbankan syariah memerlukan adanya pengukuran tingkat efisiensi untuk mengetahui kemampuan bank untuk mengoptimalkan seluruh sumberdaya yang dimilikinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat efisiensi Bank BNI Syariah dan Bank Mandiri Syariah di Indonesia periode 2018-2020 dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis dan bagaimana tingkat efisiensi Bank BNI Syariah dan Bank Mandiri Syariah di Indonesia periode 2018-2020 menurut perspektif ekonomi islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan tingkat efisiensi Bank BNI Syariah dan Bank Mandiri Syariah di Indonesia periode 2018-2020 dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis dan untuk mengetahui dan menjelaskan tingkat efisiensi Bank BNI Syariah dan Bank Mandiri Syariah di Indonesia periode 2018-2020 menurut perspektif ekonomi islam. Metode yang digunakan metode kuantitatif dengan populasi 14 Bank Umum Syariah dan berdasarkan teknik pengumpulan sampel purposive sampling, metode analisis data yang digunakan adalah Data Envelopment Analysis, dengan indikator variable input yang digunakan : total simpanan, total asset dan biaya tenaga kerja dan indikator variable output yang digunakan : total pembiayaan, total pendapatan dan kas. Hasil penelitian ini berdasarkan pengukuran menggunakan metode Data Envelopment Analysis Bank BNI Syariah dan Bank Mandiri Syariah pada periode 2018-2020 memiliki tingkat efisiensi tinggi yaitu mencapai 100%. Bank BNI Syariah dan Bank Mandiri Syariah telah sejalan dengan perspektif ekonomi Islam, dikarenakan kinerja bank tersebut telah dapat mengelola pengeluaran dengan cara yang tepat, benar, hemat, layak dan wajar. Keyword : Efisiensi, Data Envelopment Analysis, total simpanan, total asset, biaya tenaga kerja total pembiayaan, total pendapatan, kas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 07:22
Last Modified: 01 Mar 2022 07:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17847

Actions (login required)

View Item View Item