PENGARUH LEVERAGE, EARNING VARIABILITY, DAN DEVIDEND PAYOUT RATIO TERHADAP BETA SAHAM SYARIAH ( Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2016-2019 )

SELFI, YUNIA WARDANI (2022) PENGARUH LEVERAGE, EARNING VARIABILITY, DAN DEVIDEND PAYOUT RATIO TERHADAP BETA SAHAM SYARIAH ( Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2016-2019 ). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI SELFI YUNIA WARDANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Risiko dalam sekuritas dibedakan menjadi 2 yaitu Risiko Non Sistematis dan Risiko Sistematis. Risiko non sistematis merupakan risiko yang dapat dihilangkan dengan membentuk portofolio yang baik, karena risiko ini hanya ada pada satu perusahaan. Sedangkan risiko sistematis merupakan risiko yang tidak dapat dihilangkan dengan membentuk portofolio yang baik, karena risiko dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi makro, industri, dan karakteristik perusahaan yang dapat mempengaruhi perusahaan secara keseluruhan. Resiko sistematis dilambangkan dengan β (beta). Beta merupakan suatu pengukuran volatilitas return suatu sekuritas atau return portofolio terhadap return pasar. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: Bagaimana pengaruh leverage, earning variability, dan dividend payout ratio terhadap beta saham syariah yang terdaftar di Jakarta Islamic Index?. Dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui pengaruh leverage, earning variability, dan dividend payout ratio terhadap beta saham Syariah yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu Laporan Keuangan perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2016-2019. Metode analisis data yang di gunakan adalah Uji asumsi klasik. Metode analisis untuk menguji hipotesis adalah Analisis Regresi Data Panel. Populasi yang digunakan yaitu perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2016- 2019, sampel yang digunakan diperoleh 12 perusahaan, dan Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap beta saham Syariah. Earning variability berpengaruh signifikan terhadap beta saham Syariah. Dan Dividend payout ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap beta saham Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 07:00
Last Modified: 01 Mar 2022 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17842

Actions (login required)

View Item View Item