PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PENDAPATAN TERHADAP PENGGUNAAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus Pada BPRS Kota Bandar Lampung)

MELISA, JUMYATI (2022) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PENDAPATAN TERHADAP PENGGUNAAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus Pada BPRS Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB1, BAB 5, DAPUS  MELISA.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MELISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rendahnya kinerja Bank syariah di Indonesia salah satunya disebabkan oleh kurangnya akses sumber pengetahuan dan produk. Hal ini dapat disebabkan oleh minimnya pengetahuan dan pemahaman terhadap keberadaan lembaga keuangan, yang dikenal dengan sebutan literasi keuangan. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Otorisasi Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019 bahwa tingkat literasi keuangan penduduk Indonesia terbagi menjadi empat kategori, yaitu well literate (21,84%), sufficient literate (75,69%), less literate (2,06%), dan not literate (0,41%). Saat ini keuangan syariah makin berkembang pesat dengan banyaknya lembaga�lembaga keuangan syariah yang menawarkan produk dan jasa keuangan berlandaskan syariat Islam. Tetapi faktanya keuangan syariah hingga saat ini masih memiliki pangsa pasar yang rendah di negara Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi keuangan syariah dan pendapatan terhadap penggunaan produk perbankan syariah dengan religiusitas sebagai variabel moderasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 95 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 20 dengan metode analisis Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Literasi keuangan syariah tidak berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan produk perbankan syariah. (2) Pendapatan pelaku berpengaruh positif signifkan terhadap penggunaan produk perbankan syariah. (3) Literasi keuangan syariah dan Pendapatan yang dimoderasi bersama-sama oleh religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan produk perbankan syariah. Religiusitas memiliki pengaruh yang memperlemah hubungan antara literasi keuangan syariah terhadap penggunaan produk perbankan syariah. Kata kunci: Literasi Keuanga Syariah, Pendapatan, Religiusitas, Perbankan Syariah iv Abstract The low performance of Sharia Banks in Indonesia is partly due to the lack of access to knowledge sources and products. This can be due to a lack of knowledge and understanding of the existence of financial institutions, known as financial literacy. Based on the results of a survey conducted by the Financial Services Authorization (OJK) in 2019 that the level of financial literacy of Indonesian residents is divided into four categories, namely well literate (21.84%), sufficient literate (75.69%), less literate (2.06%), and not literate (0.41%). Nowadays Sharia finance is growing rapidly with the number of Islamic financial institutions that offer financial products and services based on Islamic sharia. But the fact is sharia finance still has a low market share in indonesia which is majority Muslim. This study aims to determine sharia financial literacy and income towards the use of Sharia banking products with religiosity as a moderating variable. The method used in this study uses descriptive quantitative with questionnaires as a data collection tool. The number of samples used is as many as 95 respondents using simple random sampling techniques. Data processing using SPSS version 20 with moderated regression analysis (MRA) analysis method. The results showed that (1) Sharia financial literacy has no significant positive effect on the use of Sharia banking products. (2) The income of the perpetrator shall positively affect the use of Sharia banking products. (3) Sharia financial literacy and income moderated jointly by religiosity have a significant positive effect on the use of Sharia banking products. Religiosity has a weakening influence between Sharia financial literacy and the use of Sharia banking products. Keywords: Sharia Keuanga Literacy, Income, Religiosity, Sharia Banking

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 06:28
Last Modified: 01 Mar 2022 06:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17832

Actions (login required)

View Item View Item